Dampak Positif dan Negatif dari Sosial Media (Sosmed)


Kalau membahas soal teknologi dan internet, sudah pasti berhubungan dengan yang namanya sosial media (sosmed). Akhir-akhir ini sosial media berkembang sangat pesat. Dari tahun ke tahun, bermunculan berbagai jenis sosial media yang bisa digunakan untuk berinteraksi. Mulai sosial media yang hanya berbagi pesan dengan teks, hingga berbagi gambar atau video.

Dengan kecanggihan sosial media ini dapat mempermudah kehidupan manusia, sekaligus sebagai hiburan. Dengan sosial media, setiap saat kita dapat berinteraksi dan berbagi momen kepada teman-teman atau khalayak publik. Namun dari majunya sosial media ini, selain memberi dampak positif juga memberi dampak negatif terhadap manusia. Apa saja dampak positif dan negatifnya? Langsung aja gue jelasin sebagai berikut:


Positif
1. Mendekatkan Orang-orang yang Jauh
Sosial media merupakan teknologi yang mampu orang berinteraksi kapanpun dan dimanapun mereka berada. Sehingga hal ini dapat mendekatkan orang-orang yang jauh dengan kita, karena dapat membantu interaksi dengan orang lain dengan jarak yang jauh.

2. Mendapatkan dan Menyebarkan Informasi dengan Mudah dan Cepat
Hanya dengan bantuan koneksi internet yang bisa didapatkan dengan mudah saat ini. Mengakses sosial media menjadi yang mudah dilakukan. Dengan itu, mendapatkan atau membagikan informasi melalui sosial media dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

3. Dapat Berbagi Cerita atau Momen Kepada Khalayak Publik
Dengan adanya sosial media, pengalaman atau cerita kita bisa disampaikan atau diketahui oleh khalayak publik. Hal ini pun membantu orang-orang untuk saling bertukar informasi, cerita dan pengalaman mereka.

4. Bisa Digunakan Sebagai Peluang Usaha
Jumlah pengguna sosial media mencakup seluruh orang di dunia. Ini merupakan sebuah peluang yang bisa digunakan untuk berusaha atau berbisnis. Seperti contohnya berjualan dan mempromosikan produk atau jasa.


Negatif
1. Menjauhkan Orang-orang yang Dekat
Tanpa disadari, sosial media yang mampu mendekatkan orang yang jauh, justru membuat kita lupa akan orang-orang di sekitar kita. Kita terlalu fokus dengan gadget dan menggunakan sosial media, orang-orang di sekitar kita jadi gak dihiraukan. Hasilnya, sosial media justru menjauhkan orang yang dekat.

2. Menimbulkan Sifat Individualistis dan Candu
Bermain sosial media dapat menyebabkan ketergantungan (candu). Ini dapat menyebabkan orang gak bisa lepas dari gadgetnya. Akibatnya, di rumah pun juga akan terus sibuk bermain sosial media. Di rumah jadinya suka mengurung diri di kamar sambil "berinteraksi" melalui sosial media.

3. Menjadi Ajang Untuk Pamer
Kemampuan sosial media yang bisa mempublikasikan informasi melalui teks, foto atau video justru lama kelamaan digunakan untuk memamerkan kehidupannya. Memang gak ada yang salahnya sih memamerkan gaya hidup yang mesra, hedonis atau borjuis. Cuman sosial media itu dilihat oleh banyak orang, jadi jangan sampai membuat orang-orang menjadi risih.

4. Disalah Gunakan Untuk Hal-hal yang Tidak Baik
Berinteraksi menggunakan sosial media yang seharusnya digunakan untuk hal yang baik, sebaliknya banyak juga yang menggunakan untuk hal yang gak baik. Seperti contohnya dalam kasus cyber bullying (mengejek atau menghina) dan cyber crime (penipuan).

5. Membuat Orang Menjadi Haus Akan Perhatian (Eksis Berlebihan)
Sosial media identik dengan khalayak publik, hal tersebut membuat banyak orang yang bermain sosial media berlomba-lomba untuk menjadi eksis. Hanya saja, sifat yang haus akan perhatian ini bisa menjadi menyimpang dimana orang-orang tersebut rela melakukan hal-hal yang aneh atau gak baik hanya demi sebatas eksis.

6. Membuat Hidup Terasa Sepi
Kehadiran sosial media memang membuat hidup terasa ramai, di dunia maya saja. Tapi, kenyataannya di dunia nyata kemungkinan malah sebaliknya.

7. Menjadi Kurang Bersyukur
Melihat kehidupan orang lain di sosial media, dapat membuat diri kita membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Sehingga ini dapat membuat kita susah bahagia dengan apa yang sudah dimiliki.

8. Informasi Pribadi Mudah Diketahui
Menggunakan sosial media otomatis secara sengaja atau gak, kita memberikan informasi pribadi kita ke publik. Ini sebenarnya dapat membahayakan diri, jika informasi tersebut dilihat oleh orang yang berniat gak baik.

9. Munculnya Keyboard Warrior
Saat berkomunikasi lewat sosial media, kita berada di posisi yang aman, karena gak berhadapan langsung dengan lawan bicara atau publik. Hal ini membuat orang menjadi lebih berani berekspresi dalam komunikasi lewat sosial media. Kadang terlalu berani berekspresi sampai berani menghina atau menghujat, biasanya dengan teks yang CAPSLOCK. Padahal di dunia nyata belum tentu seberani di dunia maya. Orang-orang yang agresif di dunia maya ini sering disebut keyboard warrior

10. Boros Uang
Sosial media memerlukan internet, internet memerlukan kuota, kuota perlu uang buat dibeli. Apalagi harga kuota internet itu mahal. Jadi, terlalu sering menggunakan sosial media itu boros.


Sebagai pengguna teknologi yang canggih dan smart, kita juga harus lebih maju dan smart! 




Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment