Review: Sony XB510AS Extra Bass (Sports In-Ear Headphones)


Kali ini gue ingin mereview salah satu in-ear headphones sudah lama gue tunggu untuk dibeli, Sony XB510AS Extra Bass. Ini merupakan in-ear headphone yang dibuat khusus untuk kalian yang suka dengan kegiatan sport sambil menikmati musik. Sebelum gue review lebih detail, berikut spesifikasi dari Sony XB510AS Extra Bass ini:

Frequency response: 4 -24.000 Hz
Impedance:  56 Ohm (1kHz)
Sensitivity:  106 dB/mW
Transducer principle: Closed Dynamic
Cable: approx. 1.2 m, Litz wire, Y-type
Plug: L-shaped gold-plated four-conductor mini plug
Driver unit: 12mm Dome Type (CCAW)

Oke, tadi di atas merupakan spesifikasi dari Sony XB510AS Extra Bass. Kalau dilihat dari speknya, in-ear headphones ini memiliki kualitas mid-high end. Bisa dilihat dari harga jualnya yaitu Rp. 550.000 - 650.000 tergantung dari tokonya yang menjual. Tapi dengan harga segitu, kualitasnya memang memuaskan dan gak diragukan lagi. Dengan respon frekuensi hingga 4 Hz, suara bass pada musik sangat bisa dinikmati, terutama musik hacep yang banyak suaras ngebassnya. Selain itu, dengan respon frekuensi maksimum yang mencapai 24.000 Hz, anda dapat lebih mendengarkan detail suara pada musik anda. Terdapat pula microphone dengan satu tombol di kabelnya, seperti rata-rata pada headphones saat ini.


Kalau dilihat dari desainnya, in-ear headphones ini agak besar dari in-ear headphones biasanya. Yang membuat ukurannya agak besar tersebut dikarenakan oleh head-cover dan arc pada in-ear headphonesnya. Head-covernya dibuat dengan desain IPX5/7.


Dengan desain IPX5/7 ini, Sony XB510AS ini bisa tahan pada kondisi yang lembab atau basah, dan anda bisa membilasnya dengan air untuk membersihkannya dari kotoran setelah pemakaian (bukan dicelupin ya). Dibilasnya juga bukan kearah lobang suaranya, tapi bagian luarnya saja (head-cover dan earbuds nya). Sedangkan untuk arc nya, berfungsi untuk menjadi penyangga di telinga anda. Sehingga saat anda memakai in-ear headphones ini ketika sedang berolah raga atau lainnya, gak akan mudah lepas dari telinga anda.

Ada 4 pilihan warna untuk Sony XB510AS Extra Bass ini yaitu, hitam, merah, biru dan hijau.


Saat pembelian, anda akan mendapatkan bonus lain seperti, tempat in-ear headphones (soft pouch), penjepit (clip) dan penggulung kabel (gue gak tau namanya, tapi fungsinya sih begitu). Selain itu, disediakan ukuran  kecil (S), sedang (M) dan besar (L) untuk arc dan budsnya yang dapat disesuaikan dengan telinga anda.



Kelebihan
1. Memiliki rentan respon frekuensi yang tinggi 4- 24.000 Hz membuat anda dapat mendengarkan musik dengan kualitas yang tinggi. (Musiknya serasa ada di dalam kepala)
2. Dibuat khusus dengan suara yang extra ngebass.  
3. Memiliki desain IPX5/7, sehingga in-ear headphones ini tahan pada kondisi yang lembab/basah karena keringat atau terhadap cuaca hujan dan salju, serta dapat dibilas dengan air.
4. Ada arc yang dapat menyangga pada telinga, sehingga tidak mudah lepas.
5. Benar-benar kedap suara, sehingga saat mendengarkan musik gak akan terganggu oleh suara dari luar.
6. Jika anda memiliki smartphone Sony Xperia, dengan mengaktifkan fitur DSEE HX, maka anda dapat menikmati musik dengan kualitas yang maksimal melalui in-ear headphones ini.

Kekurangan
1. Ukurannya yang agak besar akan terlihat mencolok saat dipakai. Khususnya bagi pengendara motor, mengunakan in-ear headphones ini dengan helm akan mengalami sedikit masalah untuk menyesuaikannya dengan helm.
2. Terkadang telinga bisa agak gatal di bagian arc nya.


Secara keseluruhannya, bagi anda yang memang pecinta musik, ingin menikmati musik dengan kualitas yang cukup tinggi sambil beraktifitas seperti olah raga, bisa membeli in-ear headphones ini. Selain itu dengan fitur IPX5/7 menjamin ketahanannya dalam berbagai kondisi.




Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment