Review: Sony Xperia Z5 Compact


Sony Xperia Z5 Compact merupakan smartphone keluaran Sony yang berukuran di bawah 5 inci dengan spesifikasi smartphone flagship atau unggulan saat itu. Smartphone ini diluncurkan pada tahun 2015 dan merupakan smartphone kecil seri Z terakhir dari Sony, yang kemudian dilanjutkan dengan seri X. Xperia Z5 Compact merupakan smartphone idaman gue saat itu (2015), cuman baru kesampaian untuk membelinya akhir tahun 2016 kemarin.

Mungkin bisa dibilang sudah ketinggalan ya, karena sekarang sudah ada smartphone lebih canggih dari itu, cuman hingga saat ini, Xperia Z5 Compact masih diperhitungkan oleh konsumen dan reviewer dalam persaingannya dengan smartphone terbaru saat ini. Jadi berikut adalah review gue sebagai konsumen terhadap Sony Xperia Z5 Compact:




Kelebihan
1. Smartphone Ukuran Kecil Terbaik 2015
Yup, Sony Xperia Z5 Compact dinominasikan sebagai smartphone ukuran kecil (Small Screen atau Compact Smartphone) terbaik pada tahun 2015 oleh beberapa reviewer smartphone. Salah satu reviewer itu adalah MKBHD. Bagaimana tidak? Dibandingkan dengan smartphone ukuran kecil lainnya, hanya Sony Xperia Z5 Compact yang memiliki spesifikasi yang sangat tinggi saat itu.

2. Peforma Cepat dan Tidak Lag
Walaupun diciptakan sebagai versi mini dari Xperia Z5, Xperia Z5 Compact memiliki spesifikasi yang hampir SAMA seperti Xperia Z5, hanya berbeda pada ukuran layar, jumlah RAM dan baterai saja. Xperia Z5 Compact digandrongi Chipset Qualcomm Snapdragon 810, dengan kekuatan CPU Octa-core (4x1.5 GHz Cortex-A53 & 4x2.0 GHz Cortex-A57). Untuk RAM sendiri, Xperia Z5 Compact memiliki RAM 2 GB. Smartphone ini dapat mencapai nilai sebesar 80.000 pada Antutu Benchmark. Untuk itu tidak perlu diragukan lagi peforma dari smartphone ini.

3. Kamera 23 Megapixel
Smartphone dengan ukuran layar 4.6 inci ini memiliki sensor kamera sebesar 23 Megapixel. Belum ada kan smartphone dengan ukuran kecil seperti ini memiliki ukuran sensor sebesar itu? Walaupun memiliki sensor sebesar itu, di setting kamera, resolusi kamera tersebut dapat dirubah menjadi 8 Megapixel. Tapi tak perlu khawatir, walaupun resolusi diperkecil, Sony menggunakan teknologi oversampling untuk tetap menjaga kualitas kamera walaupun resolusinya diperkecil menjadi 8 Megapixel. Gue sendiri merubah resolusi kamera dari 23 Megapixel menjadi 8 Megapixel untuk menghemat memori dalam menyimpan foto.

4. Baterai yang Awet
Dengan ukuran baterai sebesar 2700 mAh, Xperia Z5 Compact mampu bertahan seharian bahkan bisa mencapai 2 hari dengan pemakaian tanpa koneksi internet. Untuk pemakaian standar menggunakan internet, seperti browsing dan sosial media, smartphone ini mampu bertahan hingga kurang lebih 12 jam. Lalu untuk pemakaian untuk gaming yang cukup berat, smartphone ini mampu bertahan selama 4-6 jam. Gue juga install aplikasi Greenify, agar baterainya semakin awet.

5. Sudah ada Fingerprint Scanner
Bukan hanya Apple dan Samsung saja yang memiliki fingerprint scanner saat itu, Xperia Z5 Compact juga gak mau kalah. Fingerprint scanner terletak pada tombol Power Button di bagian samping dekat dengan tombol volume.

6. Memori Bisa Ditambah Micro SD Up to 200 Gigabyte
Berbeda dengan smartphone canggih lainnya. Jarang-jarang ada smartphone saat ini yang masih menyediakan fitur SD Card, padahal fitur ini adalah suatu yang diperhitungkan oleh konsumen. Tapi Xperia Z5 Compact tetap menyediakan fitur ini. Senangnyaaa.

7. OS Android bisa diupdate ke Nougat
Walaupun sudah tertinggal 2 tahun, Xperia Z5 Compact masih menerima update Android 7.0 Nougat. Jadi sudah dipastikan bahwa smartphone ini masih bisa bersaing dengan smartphone lainnya saat ini.

8. Water proof dan Dust proof
Benar sekali! Smartphone ukuran 4.6 inci dengan spesifikasi yang canggih ini juga dilengkapi dengan sertifikasi IP68, yaitu anti debu dan bisa tahan air pada kedalaman maksimal 1.5 meter selama 30 menit. Jadi selain canggih, smartphone ini gak gampang rusak saat kena air.


Kekurangan
1. Pusat pelayanan Sony sedikit
Sangat disayangkan, pusat pelayanan smartphone Sony tidak sebanyak beberapa vendor smartphone lainnya. Jadi harus berhati-hati biar smartphonenya gak rusak biar gak ribet nanti nyari service centernya.

2. Aksesoris Susah Dicari
Untuk aksesorisnya lumayan susah dicari atau bisa dikatakan terbatas, karena tidak begitu banyak yang membuat aksesoris untuk smartphone Sony.

3. Tidak 100% Tahan Air
Walaupun disertifikasi IP68, Xperia Z5 Compact tidak benar-benar anti air. Waktu itu gue sempat pakai nyemplung dan berenang, smartphonenya sih gak kenapa-kenapa, hanya saja kameranya jadi berembun. Jadinya agak repot untuk menghilangkan embun di lensa kameranya. Pada waktu lainnya, gue sempat pakai di dalam air lagi, hanya saja ada masalah smartphone ini tidak bisa charge, karena ada gangguan di port USBnya. Nah, buat kalian pemilik Xperia yang memiliki masalah ini, solusi gue sih gue taruh dan kubur smartphone gue di dalam beras selama 24 jam.

4. Smartphone Cepat Panas
Yang terakhir, jika bermain aplikasi atau game yang berat, smartphone ini akan cepat panas suhunya. Selain itu, merekam video juga dapat membuat smartphone ini jadi panas. Dan saat panas, baterainya akan cepat berkurang (Battery Drain).




Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment