4 Jenis Introvert


Sebelumnya gue sempat membuat artikel mengenai 3 kepribadian yaitu introvert, ambievert dan extrovert. Ternyata yang minat membacanya banyak banget dan komentarnya juga banyak dan masih terus bertambah. Gue juga gak bisa balas satu-satu komentarnya, saking banyaknya.

Namun dari sifat-sifat tersebut, salah satunya introvert, ternyata introvert dapat dibagi lagi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh  ahli psikologi Jonathan Cheek, introvert dapat dibagi menjadi 4 jenis yang disingkat dengan STAR (Social, Thinking, Anxious dan Restrained). Jadi bagaimanakah pembagian keempat sifat introvert tersebut? Berikut penjelasannya:

1. Social Introvert
Introvert ini tidak menghindari sosialisasi. Mereka juga tidak masalah untuk pergi ke tempat yang ramai. Hanya saja, dia lebih memilih untuk bersosialisasi dengan grup kecil atau teman sekelompoknya.

2. Thinking Introvert
Introvert yang ini lebih suka menyendiri. Lebih sering di rumah, kalau kemana-mana lebih suka sendiri. Introvert Thinking sangat suka berpikir dan melamun, berimajinasi pada dunia khayalannya. Rata-rata introvert inilah yang memiliki ide-ide kreatif dan unik (out of the box).

3. Anxious Introvert
Introvert ini merupakan introvert yang takut dan menghindari kehidupan sosial. Mereka merupakan introvert yang kemungkinan besar terkena Social Anxiety Disorder (SAD) dan memerlukan bantuan untuk bisa bersosialisasi.

4. Restrained Introvert
Introvert yang ini merupakan introvert yang sangat berhati-hati dalam bertindak, karena mereka berpikir-pikir dulu sebelum bertindak. Karena itu, introvert ini cenderung slow moving atau agak lambat dalam melakukan sesuatu. Kalau dalam bahasa gaulnya, woles aja bro.

Sumber data:
http://nymag.com/scienceofus/2015/06/apparently-there-are-four-kinds-of-introversion.html
http://www.inc.com/jessica-stillman/the-4-types-of-introvert-which-are-you.html
http://www.huffingtonpost.co.za/2016/11/25/there-are-4-types-of-introvert-which-one-are-you/
https://www.youtube.com/watch?v=PVT2McH_yDU




Artikel Lainnya:

2 comments: