10 Cara Menulis Artikel/Posting yang Baik dan Menarik di Blog


Akhir-akhir ini gue lebih sering baca artikel-artikel berita di HP daripada nonton berita di TV. Dari membaca artikel-artikel tersebut, gue jadi bisa mengetahui yang bagaimana sih artikel yang menarik atau tidak untuk dibaca. Yang jelas artikel yang menarik untuk dibaca itu ialah artikel yang dapat membangun rasa penasaran orang untuk membacanya. Jadi, seperti bagaimana sih artikel/posting yang menarik itu?


1. Membuat Judul yang Menarik
Judul atau headline merupakan bagian teratas dari artikel. Inilah yang berfungsi paling pertama untuk menarik para pembaca. Maka dari itu, judul artikel harus dibuat semenarik mungkin, bisa saja diisi dengan  beberapa kata kunci atau keyword seperti kata "Gratis" "Rahasia" "Cara Ampuh" "Fakta Mengejutkan"atau yang bikin penasaran lainnya. Tapi jangan lupa ya, judul juga harus berhubungan atau koheren dengan isinya, jangan cuman clickbait aja.

Tapi saya gak tau mau nulis apa? Silahkan baca cara mencari ide menulis disini.


2. Telusuri Dulu Topik yang Ingin Ditulis Agar Sesuai dengan Fakta yang Ada
Menulis artikel itu biasanya harus dilandasi dengan fakta yang ada, biar artikel itu gak dikira hoax atau palsu. Selain itu, dengan menulusuri topik yang akan dibahas, kita juga dapat melihat dari berbagai macam sudut pandang dan bisa membuat artikel yang netral alias tidak berpihak kepada salah satu oposisi (jika membahas sebuah isu yang sensitif).


3. Menulislah Dengan Tata Bahasa yang Baik
Menulislah dengan bahasa yang baik, supaya pembaca juga dapat membaca artikelnya dengan baik. Kalau menulis artikel dengan bahasa yang kurang baik, nanti respon dari pembacanya juga kurang baik.


4. Gunakan Gaya Bahasa Sendiri
Kalau menulis artikel di blog, sangat penting untuk menggunakan bahasa sendiri. Berbeda dengan portal berita, karena blog itu sifatnya pribadi bukan komersial, Makanya penting untuk menggunakan bahasa sendiri agar blog tersebut memiliki karakteristik tersendiri.


5. Singkat, Padat dan Jelas
Jujur aja, gue yang juga suka menulis gak suka membaca artikel/posting yang super panjang, muter-muter pembahasannya dan bahasanya gak jelas. Untuk itu, tulislah artikel dengan singkat, padat dan jelas. Karena berdasarkan pengalaman pribadi, gue kalau udah ngelihat artikel yang tulisannya banyak banget, udah keburu malas membacanya. Tapi, kalau merasa artikelnya terlalu pendek, bisa diselipkan basa-basi sedikit aja.


6. Tulisan Dibagi Menjadi Beberapa Paragraf
Ini ada hubungannya dengan cara nomor 5. Menulis artikel jangan sampai gak ada paragrafnya, hal itu akan membuat tulisan terlihat panjang dan membuat pembaca jadi malas membacanya. Untuk itu, penting untuk artikel dibagi dalam beberapa paragraf. Dalam satu paragraf membahas satu inti atau pokok pikiran dari topik yang dibahas. Dengan adanya paragraf, pembaca juga jadi gak jenuh saat melihat tulisan dan terarah saat membaca artikelnya.


7. Kalau Bisa Disertakan Gambar
Menyertakan gambar dapat membantu pembaca untuk memiliki bayangan atau gambaran dari artikel yang dibahas. Hanya saja, jangan kebanyakan gambarnya, nanti loading websitenya kelamaan.


8. Hindari Menulis Hal yang Berbau SARA
Menulis janganlah sampai ada unsur SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar golongan), karena hal tersebut sangat sensitf dan dapat memancing emosi para pembaca. Kita juga gak tahu pembaca artikel berasal dari mana, memiliki ras apa, beragama apa atau termasuk golongan apa. Jika memang ingin membahas yang ada unsur SARA nya, sebagai penulis harus bisa bersifat netral agar gak ada pihak yang tersinggung. (Pengecualian buat artikel yang dikhususkan untuk berkampanye)


9. Hindari Typo
Minimalisir lah kesalahan penulisan atau typo. Karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kredibilitas penulis di mata pembaca.


10. Baca Ulang Kembali Sebelum Dipublikasikan
Dan yang terakhir, sebelum artikel/posting disebar luaskan, sangat penting untuk dicek kembali, dengan cara dibaca ulang. Apakah sudah enak dibaca? Bahasanya sudah baik? Sudah singkat, padat dan jelas? Ada typo?




Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment