14 Jenis Video di Youtube yang Paling Sering Ditonton

Youtube merupakan website dengan ranking nomor 2 di dunia yang paling banyak dikunjungi di internet. Youtube merupakan sebuah website penyedia video platform, dimana kita bisa mencari berbagai jenis video disana yang telah dibuat oleh berbagai orang (kecuali gak ada video porno ya). Namun, dari ratusan ribuan video di Youtube, ada beberapa jenis video yang populer yang paling banyak dicari di Youtube. Apa saja jenis video tersebut?


1. React

Video reaksi atau dalam bahasa Inggris disebut React Video, merupakan video yang merekam bagaimana reaksi orang saat menonton sebuah video. Jadi maksudnya kita menonton orang yang sedang menonton video (videoception) dan melihat bagaimana reaksinya. Video yang digunakan pada video reaksi ini biasanya video lucu, video aneh atau video yang lagi viral.


2. Gameplay

Video bermain game merupakan salah satu video yang paling banyak dicari di Youtube. Permainan video game ini bisa berupa Walkthrough atau sekedar mencoba bermain game saja. Hampir sama dengan video reaksi, hanya saja ini sambil bermain game. Jadi kita menonton orang yang sedang bermain video game, kadang wajah si pemain ditampilkan, kadang juga tidak. Game-game yang dimainkan biasanya game-game dengan genre horror atau game yang sedang viral atau hype.


3. How To/Tutorial

Terkadang penjelasan tutorial melalui tulisan kurang cukup untuk dipahami, karena beberapa orang perlu melihat caranya secara langsung. Nah maka dari itu, banyak orang yg membuat berbagai macam video tutorial tentang cara membuat atau melakukan ini itu.


4. Music

Musik bisa menjadi salah satu penghibur di waktu bosan, dan di Youtube anda bisa menonton musik video dari musisi favorit anda. Jadi sekarang gak perlu repot-repot beli CDnya hanya untuk menonton musik videonya.  


5. Unboxing

Merupakan video yang menampilkan seseorang yang membeli produk baru yang masih tersegel lalu, membukanya di depan kamera, sehingga orang-orang dapat informasi mengenai apa saja yang didapat saat membeli sebuah produk. Produk tersebut bisa apa saja, hanya saja kebanyakan video Unboxing ini menampilkan produk gadget.


6. Bucket List

Merupakan video yang menunjukan informasi mengenai sesuatu dengan menggunakan urutan nomor. Jadi hampir mirip dengan acara On The Spot gitu.


7. Review

Video ini merupakan video yang mengulas sebuah produk secara terperinci mulai dari bentuk, spesifikasi, fitur dan lain-lain. Video ulasan ini membantu netizen untuk mengenal produk sebelum membelinya terlebih dahulu. Yang biasa diulas dalam video ini biasanya produk gadget, salah satunya smartphone.


8. Vlog

Vlog atau video blog merupakan video yang menceritakan bagaimana kehidupan sehari-hari seseorang melalui video. Biasanya vlog ini berupa video jalan-jalan. Tapi kebangakan vlog dilakukan oleh orang-orang yang sudah populer di Youtube.


9. Animation

Bukan di TV saja, di Youtube juga terdapat banyak video animasi atau kartun. Banyak animator dan desainer berkreatifitas di Youtube dengan membuat video animasi. Jadi, kalau lg bosan, mencari video animasi kartun di Youtube bisa menjadi solusi.


10. News & Education

Selain animasi kartun, di Youtube juga ada banyak video yang menjelaskan tentang pelajaran lo. Mulai dari teknologi, sains, sejarah, astronomi, matematika dll. Ada pula video berita yang menjelaskan berbagai macam informasi mengenai sesuatu yang lagi hype atau viral.


11. Comedy Skit

Video komedi yang merupakan video yang bertujuan untuk menghibur penontonnya dengan mengisikan videonya dengan berbagai macam hal lucu atau aneh. Salah satu contoh video komedi seperti NigaHiga, Smosh, RackaRacka dll.


12. Cooking

Sama seperti di TV sebelumnya, sekarang di Youtube sudah ada pula video masak-memasak. Mulai dari makanan lokal hingg internasional bisa dicari. Jadi kalau anda ingin belajar memasak sesuatu, bisa langsung dicari aja. 


13. Rap Battle

Mungkin anda yang suka ngerap bakal tahu jenis video ini. Video Rap Battle merupakan video dimana dua orang atau dua kelompok berperan menjadi tokoh terkenal atau fiksi, lalu beradu argumen melalui rap, dan pemenangnya ditentukan oleh netizen melalui kolom komentar.


14. Weapons

Yang terakhir adalah video tentang senjata. Siapa sangka ternyata banyak juga orang yang suka melihat video tentang senjata. Ada video tentang peragaan penggunaan senjata api dan ada pula video tentang cara pembuatan senjata besi seperti pedang dll. Hanya saja, semoga netizen yang menonton videonya bisa mengambil nilai positifnya ya, bukan negatifnya.  





Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment