Pengalaman Mengunakan iPhone


Iphone merupakan smartphone buatan Apple yang sangat populer dan banyak digunakan oleh orang-orang, khususnya oleh orang dengan gaya hidup mewah. Hal yang membuat iPhone begitu terkenal karena terobosan fitur-fiturnya selalu berbeda dari smartphone lainnya. Sebelumnya gue adalah pengguna Android, kemudian berpindah menjadi menggunakan iPhone setelah menabung dengan susah payah. Namun akhirnya gue berpindah lagi menggunakan Android. Jadi bagaimana kesan pesannya selama menggunakan iPhone? Dan kenapa gue balik lagi menggunakan Android, berikut ulasannya:


iPhone gue


1. Kualitas Kamera Tidak Perlu Diragukan Lagi
Kualitas kamera iPhone sudah tidak dipungkiri lagi kecanggihannya. Foto yang diambil mampu menghasilkan foto dengan kualitas warna dan ketajaman yang baik. Dengan menggunakan iPhone, hasil foto akan membuat diri orang menjadi lebih cantik dan ganteng hahaha. Mungkin hal ini dikarenakan processing hardware kamera yang baik, sehingga menghasilkan foto dengan brightness, contrast dan color balance yang baik pula. Selain itu, ditambah dengan efek foto pada kamera dan photo editornya membuat foto semakin apik. Jadi alasan kamera merupakan gue tertarik untuk membeli iPhone.


2. iOS Lancar Jaya
Operating Software (OS) iPhone menggunakan iOS yang peformanya jarang sekali mengalami lag, walaupun dalam keadaan multitasking. Berbeda dengan Android, dimana OSnya bisa lag sewaktu-waktu. Padahal dari segi RAM, Android selalu menggunakan jumlah RAM lebih besar dibandingkan iPhone. Ini terbukti bahwa iOS mampu mengatur penggunaan RAM yang minim untuk bisa berjalan mulus pada iPhone.


3. Colokan yang Berbeda dari yang Lainnya
iPhone memiliki colokan USB yang berbeda pada umumnya, yaitu Lightning Cable USB. Sehingga hal ini lumayan menyusahkan pengguna iPhone apabila ingin mengecharge atau mentransfer file jika sedang tidak membawa kabelnya. Berbeda dengan smartphone lainnya yang menggunakan kabel USB tipe Micro-B yang umum dan banyak digunakan, sehingga meminjam kabel USB lebih mudah pada Android dibandingkan iPhone.


4. Baterainya Lumayan Boros
Untuk daya tahan baterai, iPhone merupakan smartphone yang boros baterai. Hal tersebut, dikarenakan iPhone selalu menggunakan daya kapasitas baterai standar atau bisa dikatakan kecil untuk ukuran smartphone saat ini, berbeda dengan Android yang menggunakan kapasitas baterai yang besar. Karena itu, pada penggunaan sehari-hari, iPhone hanya mampu bertahan sekitar 6-8 jam. Berbeda dengan Android yang mampu bertahan sekitar 8-12 jam.


5. Semua Harus Serba Original (Asli)
Waktu itu kabel charger iPhone gue rusak, sehingga gue harus beli yang baru. Hanya saja, gue beli kabel USB iPhone di toko aksesoris HP yang kecil dengan harga yang murah. Pas gue coba ngecharge iPhone gue, ternyata iPhone gue gak memberi notifikasi baterai dicharge sama sekali. Sehingga gue mencari masalahnya dan ternyata kalau kabel iPhone gue palsu, jadi gak bisa digunakan. Hasilnya, gue terpaksa beli lagi kabel iPhone yang asli di toko HP yang resmi. Cuman harganya ya lumayanlah hehe. Jadi iPhone tidak hanya harus menggunakan kabel khusus iPhone, tp kabelnya juga harus asli alias original (ori). Berbeda dengan Android yang bisa menggunakan kabel tipe Micro-B dari berbagai merek.
Begitu pula dengan headset/headphone, gak semua headset/headphone bisa digunakan di iPhone. Headset/headphone yang murahan biasanya gak bisa digunakan di iPhone, melainkan headset/headphone yang asli dari pabriknya baru bisa berfungsi di iPhone. Tapi berpikir positif aja, mungkin ini cara Apple supaya konsumen mau membeli barang original.


7. Rentan Untuk Rusak
iPhone merupakan smartphone dengan kualitas kamera dan peforma yang menakjubkan, hanya saja mudah rusak. Bukan smartphonenya saja, melainkan kabel USBnya juga. Gue kurang tau kenapa, tapi selama gue menggunakan Android, smartphone dan kabel USBnya baik-baik saja dalam jangka waktu lama walaupun sempat terjatuh. Berbeda dengan iPhone, dimana tombol home dan volume iPhone gue pernah rusak tanpa sebab, terus kabel USBnya yang cepat robek, padahal gue selalu taruh di rumah. Ujung-ujungnya ya keluar uang lagi deh.
Yang terakhir, iPhone gue pernah jatuh dari tangan gue dan sampai sekarang gak bisa hidup, karena gue gak ada uang lagi buat memperbaikinya. Karena itu, sekarang gue balik lagi pakai Android.


8. Kalau Dompet Gak Tebel, Jangan Pakai Iphone
Kesimpulan yang bisa gue tarik selama menggunakan iPhone yaitu, kalau secara finansial anda masih kurang atau belum kuat, sebaiknya jangan menggunakan iPhone. Karena selain harga aksesoris dan smartphonenya sendiri yang mahal, biaya servisnya juga mahal pula. Walaupun tak dipungkiri memang kualitas iPhone sangat bagus, cuman menurut gue kurang cocok digunakan untuk orang dengan gaya hidup hemat.




Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment