21 Hal yang Kita Pelajari Dalam Hidup


Belajar itu bukan hanya kegiatan yang dilakukan di sekolah ataupun kampus, belajar bisa dilakukan di mana saja. Banyak sekali hal-hal yang dapat kita pelajari, terutama di kehidupan sehari-hari. Seiring bertambahnya umur, semakin banyak pelajaran hidup yang kita dapat untuk menjadi lebih dewasa. Jadi dalam posting kali ini, berhubung tahun ini gue udah berumur 21 tahun, gue mau menulis posting tentang 21 pelajaran hidup, berikut adalah pelajaran hidup yang gue dapat selama ini:


1. Hidup Harus Ada Tujuan
Hidup tanpa tujuan itu sama seperti tidak hidup sama sekali alias hampa. Karena tidak arah atau tujuan, maka kita gak tahu harus melakukan apa dalam hidup. Karena itu, dalam hidup itu harus memiliki tujuan atau cita-cita.


2. Satu-Satunya Orang yang Bisa Kamu Andalkan Adalah Dirimu Sendiri
Walaupun anda memiliki teman atau keluarga yang bisa anda percaya, suatu saat nanti mereka belum tentu bisa anda andalkan. Maka dari itu, dalam hidup ini kita harus siap untuk mandiri dan berani mengandalkan diri sendiri untuk menghadapi tantangan.


3. Teman Akan Datang dan Pergi
Dalam setiap waktu, kita akan bertemu dengan berbagai macam orang yang akan menjadi teman kita. Hanya saja, teman kita belum tentu akan terus selalu bersama kita, teman yang lama bisa saja pergi dan teman baru akan datang. Jadi, nikmatilah momen-momen saat bersama teman-teman yang ada bersama anda saat ini.


4. Masalah Akan Selalu Ada
Hidup tanpa masalah bukan hidup namanya, hidup tanpa masalah itu hanya ada di surga. Seperti kata orang, kalau hidup itu susah tapi mati itu mudah. Maka solusinya cuman satu, jangan lari dari masalah, tapi hadapilah masalah tersebut dengan berani.


5. Akan Selalu Ada Orang yang Tidak Senang dengan Kita (Haters)
Walaupun kita sudah berbuat baik dengan semua orang, pasti ada saja orang yang tidak menyukai kita, mungkin sekarang ngetrennya lebih dikenal dengan haters. Haters adalah orang yang gak menyukai kita apapun yang kita lakukan. Terus mesti gimana dong? Senyumin aja dan tunjukan kemampuan terbaik anda, jangan sampai anda terpengaruh juga untuk ikut membenci.


6. Berbohong Akan Membawa Kita Ke Kebohongan Lainnya
Berbohong boleh saja, tapi jangan sampai keterusan. Kadang berbohong dapat melindungi kita sementara dari kejujuran yang pahit, tapi untuk menjaga kebohongan tersebut, kita harus berbohong terus menerus. Jadinya lebih baik kita jujur saja, dimulai dari jujur dengan diri sendiri, kemudian jujur kepada orang lain. Jujur juga akan membuat hidup anda lebih tentram.


7. Kesehatan Itu Mahal
Sehat itu mahal, karena kalau kita sudah sakit, biaya pengobatannya sudah pasti mahal. Selain itu, kalau sakit, kondisi badan jadi gak fit dan banyak hal yang gak bisa kita lakukan. Untuk itu, jagalah kesehatan anda baik-baik dengan gaya dan pola hidup yang sehat.


8. Penampilan Itu Penting, Tapi Attitude Lebih Penting
Penampilan yang baik akan memberikan kesan yang baik di awal saja, namun yang membuat kesan tersebut bertahan terus adalah attitude atau sikap kita. Karena dari sikap kita orang menilai kita lebih dalam. Jadi, jangan terlalu sibuk menjaga penampilan sampai lupa menjaga sikap kita pula.


9. Cinta Itu Gak Ribet, Orangnya yang Ribet
Cinta itu merupakan suatu perasaan yang muncul dari dalam diri seseorang. Tapi kalau kita lihat di film-film, cinta itu justru terlihat seperti pembawa masalah. Apakah benar demikian? Sebenarnya cinta itu gak ada masalahnya, yang bermasalah itu orangnya. Cinta itu gak ribet-ribet banget kok, tergantung bagaimana kita menghadapinya.


10. Ikhlas Merupakan Cara Terbaik Untuk Melihat Masa Depan
Banyak sekali orang yang sering terjebak atau galau di masa lalunya, itu dikarenakan mereka belum bisa melepas masa lalunya. Jadi, satu-satunya cara supaya bisa terlepas dari masa lalu dan mulai melihat masa depan ialah dengan cara ikhlas menerima masa lalu dan move on ke depan.


11. Bersyukur Merupakan Salah Satu Kunci Kebahagiaan
Banyak yang berasumsi bahwa bahagia itu memiliki standar yang tinggi, harus punya ini itu baru bisa bahagia. Padahal kalau ingin bahagia, kita hanya cukup merasa puas dengan apa yang kita miliki saat ini. Iya kan?


12. Ilmu Pengetahuan Itu Jendela Dunia
Dengan ilmu pengetahuan, anda bisa mengetahui hal-hal yang ada di dunia ini. Selain mengetahui banyak hal, ilmu juga dapat membantu anda untuk berkesempatan berkeliling dunia. Contohnya jika kita berprestasi, maka kesempatan untuk dikirim ke berbagai negara bisa kita dapatkan. Jadi intinya, ilmu itu sangat penting untuk memperluas pikiran dan mencari pengalaman baru.


13. Pengalaman Itu Sangat Berharga
Selain ilmu pengetahuan, pengalaman juga gak kalah penting. Pengalaman dikatakan sebagai guru terbaik untuk belajar. Itu karena, pengalaman mengajarkan kita melalui praktek secara langsung, berbeda dengan ilmu yang belajar dari teori saja. Jadi mencari banyak pengalaman sangatlah penting dan bermanfaat untuk di masa depan.


14. Hidup Ini Mempunyai Waktu yang Terbatas
Manusia terkadang lupa kalau mereka hidup dengan waktu yang terbatas, sehingga mereka melakukan hal-hal sebebas mungkin tanpa terlalu memikirkan dampaknya. Hal-hal yang dilakukan juga bisa cenderung yang negatif. Padahal hidup ini gak abadi, dan kita hanya memiliki waktu dan kesempatan yang terbatas untuk berbuat sesuatu dalam hidup ini. Jadi, berbuatlah hal-hal yang baik dan positif sebanyak-banyaknya, sebelum kesempatan itu habis.


15. Dengarkan Nasehat Orang Tua
Saat mulai menginjak masa remaja menuju dewasa, kita sudah mulai tidak mengacuhkan nasehat orang tua, karena pada masa-masa tersebut kita memiliki gejolak emosi, yang membuat kita mulai egois. Padahal orang tua sudah memiliki pengalaman jauh lebih banyak dari kita, maka sudah sepatutnya kalau kita mendengarkan nasehat orang tua. Untuk itu, dengarkan dan cernalah nasehat orang tua anda baik-baik, karena kelak akan berguna suatu saat nanti saat kita dewasa.


16. Tidak Ada yang Instan, Semua Perlu Usaha
Untuk mencapai sesuatu, seperti tujuan dan cita-cita itu memerlukan usaha. Memang, nasib orang itu berbeda-beda, namun hal tersebut tidak memungkinkan orang untuk menggapai sesuatu dengan instan. Semuanya perlu usaha, mau itu sedikit ataupun banyak.


17. Komitmen dan Idealisme Itu Penting
Memiliki komitmen dan idealisme itu penting, karena hal tersebut yang membuat kita memiliki karakter dan acuan dalam mengambil keputusan untuk bertindak. Memiliki komitmen dan idealisme juga akan membuat anda tidak mudah terpengaruh godaan. Sehingga anda bisa fokus dengan tujuan anda.


18. Semua Ada Masanya, Jadi Nikmatilah
Dalam hidup ini, ada beberapa masa yang akan kita alami, seperti masa kecil, masa alay, masa sekolah dan masih banyak lagi. Masa-masa tersebut juga gak akan bertahan selamanya, jadi nikmatilah masa-masa tersebut sebagaimana mestinya, tapi jangan sampai kelewatan atau berbuat yang menyimpang ya.


19. Kesempatan Tak Datang Dua Kali 
Kesempatan akan selalu berpapasan dengan kita, hanya saja, mereka gak akan berpapasan dua kali. Jadi kembali pada kita untuk mengambil kesempatan itu atau tidak.


20. Jangan Menunda-nunda
Sesuatu yang seharusnya bisa diselesaikan dalam sehari, jadi bisa baru selesai seminggu hanya gara-gara kita suka menunda dan bermalas-malasan. Jadi stop menunda-nunda, sebelum masalah-masalah menumpuk menjadi gunung.


21. Santai dan Tetap Tersenyum
Masalah-masalah yang kita hadapi dalam hidup ini gak semuanya bisa diselesaikan dengan cepat, semuanya butuh waktu. Maka dari itu, jangan terlalu dibawa pusing, santai dan tersenyumlah, badai pasti akan berlalu.




Artikel Lainnya:

1 comment:

  1. benar sekali, menarik tulisannya mas. dan terima kasih sudah mengingatkan.
    Daftar Tempat Wisata di Indonesia

    ReplyDelete