8 Faktor yang Mempengaruhi Hubungan Sosial Sesama Manusia


Manusia merupakan mahluk sosial, dimana dalam hidupnya manusia berinteraksi dengan sesama dalam hidupnya. Seperti halnya kita yang bersosial atau bergaul dengan berbagai orang dalam hidup ini. Mungkin dari banyaknya orang yang kita ajak bergaul, ada beberapa yang cocok dan ada pula yang gak cocok.

Apakah yang menyebabkan hal ini? Bukankah seharusnya kita sesama manusia cocok semua untuk bergaul? Ya seharusnya begitu, tapi sayangnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi hubungan manusia dalam bergaul dengan sesama. Faktor apa saja itu? Yuk mari kita bahas:


Gambar diambil dari www.talkingmats.com


1. Bahasa
Kesamaan bahasa sangat mempengaruhi orang dalam bersosial dengan yang lainnya. Karena awal mula sebuah interaksi itu terjadi adalah dengan komunikasi, dan komunikasi bisa berjalan dengan baik apabila si komunikan memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator. Maka dari itu, jika ingin memiliki pergaulan yang luas sampai internasional, sebaiknya kita harus bisa bicara lebih dari satu bahasa.


2. Interest/Selera
Selera atau ketertarikan (interest) merupakan salah satu faktor yang cukup berpengaruh dalam kegiatan bersosial setelah bahasa, karena dari selera inilah akan menimbulkan bahan pembicaraan dalam berkomunikasi. Salah satu contoh interest itu bisa seperti, musik, teknologi, game, fashion, gosip dsb. Biasanya, orang yang memiliki interest atau selera yang sama akan lebih nyambung saat ngobrol daripada yang memiliki interest yang berbeda.


3. Tujuan/Cita-cita
Memiliki tujuan atau cita-cita yang sama akan membuat orang memiliki pandangan yang sama, dan hal itu tersebut biasanya akan membuat pergaulan seseorang menjadi lebih akrab. Hal tersebut bisa dilihat dari adanya berbagai macam komunitas-komunitas yang ada di sekitar kita.


4. Gaya Hidup
Kebiasaan atau gaya hidup juga mempengaruhi bagaimana anda bergaul dengan seseorang. Jika anda perhatikan di sekitar anda, sangat jarang ada dua orang atau lebih yang akrab dengan gaya hidup yang bertolak belakang. Seperti contohnya, di lingkungan sekolah sangat jarang anda akan melihat murid yang malas dan suka bolos bergaul dengan murid yang rajin dan menaati peraturan. Contoh lainnya yaitu, sangat jarang ada orang yang bersih dan rapi bergaul dengan orang yang jorok dan berantakan, dan masih banyak contoh lainnya.

Selain kebiasaan, ternyata gaya hidup juga bisa dipengaruhi oleh keadaan ekonomi. Jadi sebenarnya keadaan ekonomi itu juga berpengaruh terhadap pergaulan kita terhadap orang lain, karena secara tidak langsung, keadaan ekonomi dapat mempengaruhi gaya hidup kita.


5. Golongan Darah
Percaya atau tidak, ternyata kesamaan golongan darah seseorang mempengaruhi kecocokan seseorang dalam pergaulan, mungkin sulit dipercaya, tapi cobalah sekarang anda mencari orang yang bergolongan darah yang sama dan yang berbeda dengan anda, lalu coba bandingkan bagaimana saat anda bersosial dengan mereka. Ternyata memang yang golongan darahnya sama itu jauh lebih akrab dibandingkan yang berbeda (tanpa dipengaruhi faktor yang lainnya), gue juga udah membuktikannya.

Itu bisa terjadi karena, secara biologis, golongan darah dapat menentukan bagaimana sifat seseorang. Hal tersebut dapat diketahui dari artikel-artikel yang membahas tentang sifat berdasarkan golongan darah.


6. Aura
Faktor yang satu ini mungkin cukup sulit diketahui, karena aura itu khasat mata dan perlu keahlian khusus untuk melihatnya. Tapi untuk merasakan keberadaan aura tak memerlukan keahlian khusus, karena aura dapat dirasakan melalui insting yang dimiliki manusia.

Terus bagaimana cara merasakan aura tersebut? Jadi saat anda sedang ngobrol dengan seseorang, pasti akan ada suatu perasaan atau feeling yang muncul pada diri anda, seperti perasaan nyaman dan senang, atau bisa risih dan gelisah. Itulah bagaimana diri kita merasakan aura seseorang. Karena sebenarnya aura seseorang itu dibentuk melalui sifat, perilaku dan kepribadian orang itu sendiri.


7. Idealisme
Idealisme atau ketetapan pendirian/pemikiran hampir sama dengan faktor nomor 3. Jadi orang tersebut memiliki pandangan yang sama terhadap sesuatu, hanya saja yang membedakannya adalah bagaimana pendirian/pemikirannya untuk mencapai tujuan itu. Karena setiap orang memiliki idealisme yang berbeda-beda. Biasanya ketika kita bertemu dengan orang yang memiliki tujuan/cita-cita dan idealisme yang sama, maka orang tersebut bisa menjadi teman baik atau sahabat.


8. Umur
Faktor yang terakhir yang mempengaruhi pergaulan adalah umur. Mungkin anda sudah tahu kalau umur merupakan faktor paling umum yang menentukan keakraban seseorang. Kalau dilihat di lingkungan pergaulan, rata-rata dalam sebuah kelompok sosial sangat jarang ada orang yang jarak umurnya berjauhan. Karena dari jumlah umur akan berpengaruh terhadap faktor-faktor yang telah disebutkan di atas seperti, interest, tujuan, idealisme dan bahasa.




Artikel Lainnya:

1 comment:

  1. Jangan lupa faktor fisik gan, soalnya ada orang yang berteman liat fisik dulu.
    http://bagiilmubermanfaat.blogspot.com

    ReplyDelete