Penyebab, Ciri-ciri dan Cara Mengatasi Phobia Sosial (Social Anxiety Disorder)


Pada posting sebelumnya gue udah ngejelasin tentang apa itu Phobia Sosial atau Social Anxiety Disorder (SAD). Untuk posting kali ini, gue akan lebih menjelaskan tentang penyebab, ciri-ciri dan cara mengatasi SAD.

Penyebab SAD:
1. Keturunan atau gen
Orang bisa terkena SAD diakibatkan karena mendapatkan dari anggota keluarganya yang juga mengalami SAD. Jadi kalau orang yang terkena SAD karena keturunan/gen bisa diketahui saat masih anak-anak ketika akan memasuki dunia sosial.

2. Lingkungan
Selain keturunan/gen, orang juga bisa terkena SAD karena pengaruh lingkungan, khususnya karena mengalami trauma di lingkungan sosial. Trauma sosial yang dimaksud seperti, dikucilkan/dibully di lingkungannya, mengalami suatu tragedi yang menyebabkan rasa malu yang sangat dll, yang menyebabkan orang menjadi trauma/takut terhadap lingkungan sosial.

3. Diri Sendiri (Psikologi)
Penyebab yang terakhir adalah diri kita sendiri, lebih khususnya secara psikologis. Orang bisa mengalami SAD karena memiliki pemikiran selalu merendahkan dirinya sendiri, kurangnya memiliki rasa percaya diri dan memiliki sifat penakut.


Ciri-ciri SAD
1. Merasa gelisah berada di tempat keramaian
2. Merasa takut/cemas untuk bertemu orang baru
3. Selalu merasa takut disituasi dimana anda sedang diperhatikan/dinilai/dijudge
4. Khawatir akan mempermalukan diri sendiri
5. Khawatir bahwa orang lain akan melihat anda takut/cemas
6. Menghindari dimana anda akan menjadi pusat perhatian
7. Menghindari kegiatan sosial, walaupun kegiatan sosial itu terlihat menyenangkan
8. Menghindar/bersembunyi ketika ada tamu yang belum dikenal datang ke rumah
9. Takut/cemas menerima telepon dari orang yang gak dikenal
10. Takut menatap orang lain
11. Sangat susah berbicara di lingkungan sosial


Jadi itulah penyebab dan ciri-ciri dari SAD, nah terus bagaimana cara mengatasinya? Mungkin kalau anda sudah membaca posting gue sebelumnya, anda tahu kalau gue dulu juga pernah mengalami SAD, tapi untungnya sekarang gue udah bisa mengatasinya, walaupun gak 100%. Jadi bagaimana gue bisa mengatasi SAD? Berikut tipsnya:

1. Lawan Rasa Takut
Satu-satunya cara menghilangkan rasa takut adalah dengan berani melawannya. Jangan mau terus bersembunyi dan ditindas oleh rasa takut! Bangkit dan hadapi rasa takut yang anda miliki!

2. Tingkatkan Rasa Kepercayaan Diri
Apakah anda sudah berani bangkit melawan rasa takut anda? Kalau sudah, pertahankan! Pertahankan dengan kepercayaan diri anda. Anda bisa membaca artikel berikut untuk membantu anda meningkatkan rasa percaya diri anda (6 tips agar percaya diri)

3. Mempertangguh Diri
Selain meningkatkan kepercayaan diri, untuk bisa menaklukan rasa takut anda perlu mempertangguh/memperkuat diri. Caranya dengan ikut kegiatan yang melatih fisik, olah raga, belajar, memperbanyak pengalaman, mengasah keahlian yang dimiliki dan jadi orang yang berprestasi. Saat anda sudah menjadi tangguh dan memiliki rasa kepercayaan diri, gue jamin rasa takut gak akan berani lagi mengucilkan anda.

4. Cari Teman-teman yang Bisa Menjadi Panutan yang Baik
Oke, sekarang anda sudah menjadi orang yang tangguh dan memiliki rasa percaya diri, tapi sayangnya rasa takut itu bukan cuman satu saja, tapi ada banyak dimana-mana. Karena itu gak mungkin anda melawannya sendirian, anda perlu bantuan dari orang-orang di sekitar anda. Untuk itu, carilah teman-teman yang bisa meningkatkan rasa percaya diri anda dan memberikan hal-hal yang positif untuk anda.

5. Membiasakan Diri di Lingkungan Sosial
Anda yang dulu sering berada di tempat yang sepi, sekarang berada di tempat yang ramai dengan orang-orang. Bisa dibilang kalau anda sudah terbebas dari rasa takut, yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah membiasakan diri di keadaan lingkungan yang baru tersebut.

6. Menerima Diri Apa Adanya
Setelah lamanya anda banyak berjuang keras dan menyiksa diri, saatnya anda beristirahat. Walaupun sekeras apapun kita berusaha setiap orang pasti memiliki kekurangan. Makanya pemikiran kita juga harus dirubah, agar tidak selalu merasa khawatir terhadap kekurangan yang dimiliki dan tidak selalu merendahkan diri. Bersyukurlah terhadap kelebihan yang anda miliki dan ikhlaslah menerima kekurangan yang anda miliki.

7. Kunjungi Psikiater
Kalau tips gue di atas gak berhasil juga, gue mohon maaf, karena gue memang bukan ahlinya hahaha. Jadi saran gue yang terakhir adalah kunjungi psikiater agar anda bisa cepat diobati.




Artikel Lainnya:

73 comments:

  1. jika dia cacat mungkin bisa menyebabkan SAD

    Visit > http://zuvmovies.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja, karena kurangnya rasa percaya diri

      Delete
    2. Sy menyadari penyebab2 di atas ada pada diri saya saat masih SD. Dan itu masih berlanjut hingga skrg sy telah bekerja di Perusahaan Bumn. Jujur sy cemas dgn masa dpn sy nanti. Apalagi sy baru dimutasi di bagian SDM dimana dituntut untuk care dgn seluruh pegawai. Saya sangat cemas

      Delete
  2. Gue setuju banget dengan tips nya bro...
    Gue yakin jika orang yang mengalami SAD mengikuti tips diatas 99% bisa sembuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks bro, semoga tipsnya emg bener2 bermanfaat

      Delete
    2. tidak semuadah yang dikatakan....................karna rasa trauma lebih besar

      Delete
  3. Wah.. Aku juga sering mengalami kaya gitu, tapi ga tau apa SAD beneran apa nggak. Visit My Blog deh.. :'v http://hearts444.blogspot.com/2015/06/social-anxiety-disorder-if-that-still.html

    ReplyDelete
  4. Setelah membaca diatas akhirnya penyakit saya yg sudah lama hampir 2 tahun tidak diketahui penyebab nya. Akhirnya bisa saya ketahui. Sangat persis dengan apa yg sedang saya alami saat ini. Tolong cara pengobatan nya dong gan biar saya bisa beraktifitas diluar ruangan. Thanks

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Ane gak bisa bantu byk gan, yg bisa ngebantu agan cmn agan sendiri. Dari diri agan, agan harus berani berubah untuk lebih baik. Selain itu jg, agan perlu jg dukungan dari org2 di sekitar agan. Makanya, cari org2 yg bisa berpengaruh baik dgn agan. Selanjutnya semua kembali ke agan untuk berusaha. Good luck gan! Semoga berhasil

      Delete
  6. Gimana caranya melawan rasa takut dalam diri kita yang disebabkan karena trauma sosial

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo traumanya terlalu lama,agak susah gan......menurut kamu kamu menderita gak menjadi seperti itu

      Delete
  7. Replies
    1. Satu2nya cara ngelawan rasa takut cuman satu, yaitu BERANI. Berani dan kumpulkan semangat untuk bangkit dan mulai mandiri.

      Delete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. baru tau ada phobia SAD,jdi selama ini aku ga sendirian,ada jga yg ngalamin :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sebenarnya byk org yg terkena SAD, cmn kurang kelihatan, karena kelihatannya biasa aja di mata org yg sehat. Tp sebenarnya dampaknya bisa cukup besar bagi si penderita kalo gak segera disembuhkan

      Delete
  12. iya bener banget,di mata ortu atau sahbat deket atau bff lah.kayaknya biasa aja gitu,normal-normal aja dri segi fisik.cuman dri dalam diri kita mereka ga tau sma skali krna mrka ga rasain,percuma aja curhat mrka jga bakaln binggung sendiri mrka :(

    ReplyDelete
  13. oiya kk skrg bsa sembuh dri phobia? gimana caranya kak ikutin tips yg di atas aja? atau kk ada ke psikiater gitu?

    ReplyDelete
  14. Q jug mengidap pnykit SAD,rsany brt bgt mnjlni hdp ini.dimana2 yg kudapatkan hnylh rsa malu.knyataan phit ini hrs kupikul spnjang hdpku,sbuah keadaan yg dmana tak prnh kuinginkn sma skali.keadaan yg sdikitpun tak mmiliki kberuntungan,yg mmbuatku brpikir hdp ini tak adil dan tk prnah brpihak kpdku.trkdang q sgt stress mmkirkan hal ini,yg trkdang jug mmbuatku jug ingin brhnti dr hdp ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan nyerah kamu, saya juga merasakan yg seperti km ceritakan di atas, sebaiknya ikuti banyak kegiatan posistif untuk menyibukkan diri. tetap kuat anda tdk sendiri.

      Delete
    2. Jangan nyerah kamu, saya juga merasakan yg seperti km ceritakan di atas, sebaiknya ikuti banyak kegiatan posistif untuk menyibukkan diri. tetap kuat anda tdk sendiri.

      Delete
  15. Gue banget gan. Kadang gue ngalihin nya pakek ibadah ( bukan riya atau mau pamer cuma kasih saran aja). Tiap habis solat, baik wajib atau sunnah. Hati rasanya enteng bgt. Dan gak pernah peduli sama penilaian orang lain terhadap kita. Dan rasa percaya diri muncul sendiri. Obat yang mujarab bgt. Coba deh...

    ReplyDelete
  16. Masalahx kwan sy seperti diluar kendali, kalau hanya keberanian sdh sy lakukan, ikut kegiatan sosial, dll. Tapi tetap sja sy gemetaran, keringatan, jantung brdegup kencang, tdk mumpan jg dgn cara mengalihkan perhatian, pastix hanya sesaat trus kembali lgi gemetarx dll.. Bahkan kadang seperti susah bernafas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu truma apa emangnya bisa ceritain gak.

      Delete
  17. Saya juga mengalami hal yang sama .... saya berharap semoga cepat hilang phobia sosial yg saya derita .... karna saya merasa tersiksa merasakan nya secara pribadi ...

    ReplyDelete
  18. Maaf mau tanya , adakah forum untuk penderita SAD yg masih aktif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://m.facebook.com/groups/251282888569605?view=info&refid=18&ref=m_notif&notif_t=group_activity

      Delete
  19. kyanya ini yg sdg sy hadapi, apa ada terapi khusus gan? sy kynya dah parah, ssh sekali hadapinya :(

    ReplyDelete
  20. Melawan rasa takut kita itu dgn cara gimana ? Meskipun sudah bersusah payah utk memberanikan diri tapi disisi lain aku tetep ngerasa takut berlebih bhkan sering menangis ntah kenapa. Boleh disharing mas ?

    ReplyDelete
  21. Saya sekarang kelas 3 smp. Saat ini saya mengalami gejala berat dari SAD. Mungkin karena dulu ketika masih kelas 1 smp, sahabat saya dengan bercanda berkata ketika saya kenalan dengan dia, saya itu orang sksd (sok kenal sok dekat) jadi ketika saya ikut bimbel di luar saya sangat tidak berani bahkan membeku rasanya ketika ingin berkenalan, mohon bantuannya :( :(

    ReplyDelete
  22. Kalo pusing ngobrol apakah juga termasuk kecemasan sosial?

    ReplyDelete
  23. saya di lahirkan dri gen ibu mmliki SAD, tp sjak saya lahir sampai SMA sya tdk punya tanda SAD Bahkan saya sangat aktif di lingkungan sekolah maupun masyrakat, namun saya mengalami SAD sjak kuliah semester 2 2009, sampai saat ini, dan sya hanya berusaha dan berusaha, melawan melalui fikiran, tekad dan action sebisa saya... walau kadang hasilnya masih belum maksimal...,saya kadang mengobati melalui spritual saya, penuh keyakinan akan ada jalan seiring berusaha..

    ReplyDelete
  24. Saya baru tau kl saya SAD beberapa bulan yang lalu
    Awal nya dari kelas 1 sma waktu ayah saya meninggal dan ibu saya menjadi janda dan mulai di gosipkan begini dan begitu
    dan saya melihat ibu saya berciuman dengan laki2 yang sudah punya istri saya sangat terguncang, saya semakin takut melakukan ini itu takut salah dan dibicarakan tetangga
    Semakin takut kalau berdekatan dengan laki2 dan semakin parah saya takut berbicara dengan orang yang tidak saya kenal
    Setelah membaca perihal SAD dibeberapa blog saya baru tahu kl saya mengalami SAD
    terimakasih solusinya sangat membantu
    Semoga blog ini semakin banyak membantu orang2 yang menderita SAD
    Dan semoga semua yang mengalami SAD ini segera sembuh Amin

    ReplyDelete
  25. Wah ternyata saya baru sadar kalo saya juga kena sad. Enggak nyaman banget untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Kalau kemana-mana bawaannya pusing,gemeteran, sesak nafas, cemas. Dan ternyata bukan saya saja yang mengalaminya. Yang disayangkan sad ini malah jadi penghalang pekerjaan, pendidikan, bawaanya takut terus. Inget dulu, kalau kemana-kemana bawaannya seneng aja,tapi sekarang bawaanya suka takut, cemas. Iya, betul kita memang harus berani, berfikir positif, jangan menanam pikiran negatif dalam pikiran kita sendiri. Trims tipsnya

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. setiap ketemu org selalu merasa ingin dijatuhkan atau dianggap konyol. bahkan saat berbicara di telpon sekalipun. entah knp tubuh terasa kaku gemetar panas dingin berkeringat sesak napas dan tenggorokan serasa dicekik

    ReplyDelete
  28. ternyata banyak mengidap phobia sosial aku dulu waktu kecil belum sekolah, karena faktor alm ayahku sakit tapi aku tidak menyalahkannya, itu memang salah saya mencari figur seperti ayah, tapi malah orang tersebut melakukan hal kurang terpuji, waktu sd aku selalu sendiri, temen2 pada gerombolan mendekati dan meinta uang, dan selalu2 aku beri, tapi karena banyak yang minta, alm ayah dan ibu mengetahui lalu menghukum, dan ibu mendatangi rumah anak itu, tapi karena kebiasaan meminta, anak itu tidak jera mengancam dengan membawah pisau, saat itu, baik, waktu smp, sma, dan kuliah, dan selesai, berteman memang mudah tapi waktu sering ketemu, dan menjadi sahabat, serasa ada gejolak di hati merasa dihina, dikucilkan, dan gak dihormati, selalu ada, tapi sebenarnya itu bawaan masa kecil, apalagi kalo sudah meminta2 terusan dan bil tidak malah tidak ditemani, itu selalu ada dalam diri, dikasih malah terus2 dihentikan malah gak di temani dan dikucilkan, dan dihina, aku gak tau kenapa, kalo mengucilkan di kamar di hina keluarga dan tetangga, di bilang makan tidur, terus, tapi kalo keluar takut kejadian yang sama

    ReplyDelete
  29. Ngebantu banget, aku ngrasa kaya gitu 3 tahun belakangan. emang kuncinya dari diri kita sendiri, tapi susah susah gampang �� semoga cepet bisa aku atasin.
    Makasih banyak :)

    ReplyDelete
  30. Buat sdr2 ku yg masih"SAD" ataupun Phobia Lainnya bisa kontak saya di BBM 545651C8 .. Mas Agung Mohon Izin ya ... saya bantu untuk menyelesaikan masalahnya...mudah ko.. feelfree...

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Ih sama persis bgt kayak gw!!!! tapi yang parah sih gw ngga berani mesen makanan sendiri kalau ke tempat makan yg belum pernah gw kunjungin. gw jd ngerasa takut salah, takut didalem hati mereka/orang2 yg ngantri dibelakang gue ngmg, "ih ini org norak bgt." parah dah

    ReplyDelete
  33. Gw jg saat ini sad, awalnya gw pikir gw magh aja, karena sering sakit di ulu hati n sesak nafas, tapi ketika gw analisis ke diri gw ko sakit di ulu hati n sesak nafas itu muncul pas gw lgi ada di keramaian y, di mall, atau di pasar, gw ngerasa gw akan mati pada saat itu jg karena begitu sulitnya bernafas, gw udah coba memberikan sugesti positif ma diri gw sendiri tpi entah knp ga berhasil ya, jadi sekarang2 ini gw paling ga bisa kalo harus jalan kemana2 sendiri pdhal 5 thn silam gw termasuk org yg berani kmn2 sendiri, termasuk di tempat kerja, jdi keadaan ini mengganggu kerjaan gw, gmn y baiknya, rasa tkut itu udah di lawan tpi sesak nafas itu selalu muncul, helppppp hikshikshiks

    ReplyDelete
  34. Gw jg saat ini sad, awalnya gw pikir gw magh aja, karena sering sakit di ulu hati n sesak nafas, tapi ketika gw analisis ke diri gw ko sakit di ulu hati n sesak nafas itu muncul pas gw lgi ada di keramaian y, di mall, atau di pasar, gw ngerasa gw akan mati pada saat itu jg karena begitu sulitnya bernafas, gw udah coba memberikan sugesti positif ma diri gw sendiri tpi entah knp ga berhasil ya, jadi sekarang2 ini gw paling ga bisa kalo harus jalan kemana2 sendiri pdhal 5 thn silam gw termasuk org yg berani kmn2 sendiri, termasuk di tempat kerja, jdi keadaan ini mengganggu kerjaan gw, gmn y baiknya, rasa tkut itu udah di lawan tpi sesak nafas itu selalu muncul, helppppp hikshikshiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan langsung kontak saya pin 545651C8. cepat ko bisa sembuh.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  35. Aku juga terkena sad stadium 4,padahal aku laki2 jantan,pengemar rock n roll ,tpi inilah yg terjadi ,klo ada tamu Dtg pasti aku langsung masuk kamar,kalo kumpul sama teman2 gk tw mw ngomong apa,aku pemalu kali setan setan,kalo ada obatnya berapapun harganya pasti ku beli!!!gara2 sifat ini aku menjadi org yg hanya terdiam dan malu melakukan apapun,setan setan setannnnnnnnnnnnnnnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kontak saya mas mupti..feelfree.. temen2 yg lain sdh banyak ko yg sembuh.... cuma ga pada share lg disini...mestinya yg sdh terapi dgn saya, bisa berbagi pengalamannya disini... mohon izin ya MAs Adiyasa sdh berbaik hati mengizinkan saya berbagi.

      Delete
    2. Wihh sama banget ... saya juga gitu,,kalo pas lagi main ama temen tapi bisanya Dien aja..:(. Terus kalo mau ada lomba gitu suka takut banget, Ampe pengen ambil jantung sendiri lalu di keluarin sangkin skitny... trus suka sesak nafas.. aduhhya,,, Allah tumbuhkanlah mental yang kuat kepd kami aminnn

      Delete
    3. Wihh sama banget ... saya juga gitu,,kalo pas lagi main ama temen tapi bisanya Dien aja..:(. Terus kalo mau ada lomba gitu suka takut banget, Ampe pengen ambil jantung sendiri lalu di keluarin sangkin skitny... trus suka sesak nafas.. aduhhya,,, Allah tumbuhkanlah mental yang kuat kepd kami aminnn

      Delete
  36. Sy sdh 4 tahun ini..kalo ketemu org panik..gemetaran,takut, menatap org pun susah.ga bahagia rasanya ,gmn ya mengobatinya..ada forum nya ga? Buat.sering2..

    ReplyDelete
  37. Ini aku bgt duh😔😢 makasih kak buat infonya..

    ReplyDelete
  38. Kenyataannya gk segampang ini menurut saya.udah seringkali dicoba,tp rasa gugup n takut itu gk bs ilang.krn waktu sd trauma krn dibully n dipermalukan didepan umum.gk nyangka dampaknya smpe dewasa.kadang pngen bunuh diri,tp ingat dosa.cerita ke ortu atau suami,gk ada yg paham,malah terkesan menyepelekan..sungguh2 butuh psikiater kyaknya ni.

    ReplyDelete
  39. mungkin bisa membantu kawan2.
    coba search di gogle tentang brainwave/terapi gelombang otak.
    http://www.subliminal-shop.com/product/absolute-self-confidence-5g/
    dengarkan menggunakan head set yg bagus.
    silahkan di download.

    ReplyDelete
  40. Saya sendiri juga tidak tau terkena SAD atau tidak . Tapi menulis komen seperti ini saja adalah perjuangan bagi saya . Saya waktu sd sempat di permalukan oleh guru di depan kelas dan akhirnya menjadi korban bully oleh teman" . Saya juga sempat ke psikiater dan sempat sembuh selama 3 tahun .namun skarang sepertinya kumat saya sangat takut untuk berbicara dan berkenalan dengan orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf bro, ke psikiater mahal gak sih bro?

      Delete
  41. makasih mas artikelnya bermnafaat sekali. say adalah seorang sad. menurut saya ga ada obatnya karena percuma aja. terlepas dari itu artikel ini bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  42. Yg menyikasa bgt itu setiap mau ktemu org baru, lingkungan baru (kerja).. jantung tuh deg2an bgt, telapak tangan+kaki dingin bgt meskipun udara panas, kadang sesek sampe napas aja pendek2 gitu...udah coba diberani2in, tapi tetep aja gemeteran gan, pas ngomong kalimat yg pngen disampein sering keserimpet (keliatan bgt gugupnya)... pdhl gak prnh ada trauma udah sejak kecil kyk gini, malu bgt rasanya :')

    ReplyDelete
  43. Saya juga penderita SAD ,sya tau udah lama sih setelah lulus smk skitar thun 2013/2014 .. sya seseorang yg ckup berprestasi dari kecil di bidang menyanyi selalu juara 1 bahkan saat kelas 1 sMP mengalahkn 700 peserta dr 3 kabupaten dn mnjadi juara 1(bukn sombong)bhkan d plombaan lain pun saat Smk pun trus juara 1, anehny sya sempat kalah karena dicurangin 2x tapi tidak down sama skali . Semua dimulai saat sya lulus SMk mngkuti acara audisi slah 1 stasiun tv, dan juri lokal saat itu brkomentar pedas dan ini ptma kalinya dlm hidup saya ad yg bkmntr sprti tu dan sya crita pda oragtua sya,dn ortu sya blag semua org memiliki keunikan suara masig2 dn juri itu salah. Tp dri situ saya down skali, untk saya yg serg juara dan dberi kegagalan sekali dgn komentr yg bner2pedas rasanya dunia kaya mw runtuh. Dr situ sya brfikir suara saya tidaklah bagus suara saya jlek, dn saat itu smpe skarag sya ktakutan dlam bernyanyi di depan umum saya tkut kjdian terulang lagi, sya pnah memberanikan diri tp di tegh2 lagu suara saya spt hbs dan sesak .krn memikirkan pndangan org lain. Mskipun berhasil ,semua terulang lagi . Kali ini lebih parah ,stiap saya mlakukan kesalahan . Sya sgt down sya merasa sya tidak berbakat,saya jelek. Btuh psikiater tapi sya bngung hrus kmana

    ReplyDelete
  44. Menyibukkan diri dengan beribadah inshaallah bisa jadi solusinya,. Asalkan jangan terputus, lakukan ibadah yang maupun sunnah

    ReplyDelete
  45. Ane juga kena pobsos mbh. Makanya jadi waper n bloger. Kalau keluar rumah rasanya bingung kalau ktemu bnyk orang. :'( @macam jenis phobia / fobia

    ReplyDelete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. Saya juga kalau ada orang bertamu selalu merasa takut dan bersembunyi di kamar. Begitu juga kalau ada panggilan masuk di ponsel, saya tidak mau mengangkatnya, meski kenal dan lebih memilih mengirim pesan. Apa itu berlebihan ya?

    ReplyDelete
  48. Saya juga kalau ada orang bertamu selalu merasa takut dan bersembunyi di kamar. Begitu juga kalau ada panggilan masuk di ponsel, saya tidak mau mengangkatnya, meski kenal dan lebih memilih mengirim pesan. Apa itu berlebihan ya?

    ReplyDelete
  49. saya punya pgobia sosial sejak sd. sampai sekarang saya baru saja lulus smk. dan sekarang saya sudah mulai bekerja tapi saya selalu merasa tidak nyaman dengan orang2 satu tempat kerja dg saya, bahkan sampai sekarang saya sudah pindah tempat kerja 3 kali. saya selalu saja merasa takut bahkan kadang saya merasa tertekan saat pagi mau berangkat kerja karna harus bertemu orang2 baru. padahal mereka orang2 baik. saya orangnya memang pendiam. apakah ada tips agar saya jadi mudah bergaul dengan orang baru??

    ReplyDelete
  50. Mau curhat nih
    Pas SD kyknya ngomong ke orang lain gampang banget but kelas 6 kyk udh muncul gejalanya tapi masih ga terlalu ngefek
    SMP mulai tuh SADnya ngefek tuh. Kelas 7 ama 8 susah punya temen. Temen baik aja cuman 2-6. Kelas 9 entah napa bisa sembuh, mungkin gara-gara game kali yak
    Kelas 10 sekarang nih kambuh lagi, malah makin parah. Ngomong aja susah, duduk sendiri, and more :(
    Gw kira gara-gara introvert tapi setelah baca baru tau kalo itu SAD. Karena ada temen gw yg introvert juga tapi bisa baur ama orang.
    Mungkin penyebabnya karena dulu jarang main keluar kali ya
    Plz help me. Kelas 11 bisa mampus kalo itu belom sembuh
    Btw thanks tipsnya buat author, mungkin bisa dicoba

    ReplyDelete
  51. trik mengatasi Ejakulasi Dini – tidak hanya ukuran Penis yg ajaib mengobral pertanyaan yang kerap dihadapi pasangan suami wanita yakni perkara ejakulasi dini. pertanyaan ini cukup serius dikarenakan dialami lumayan tidak sedikit pria dan ikut mempengaruhi mutu pertalian seks mereka. tidak sedikit laki laki yang menyadari pentingnya menurunkan kepuasan bagi pasangannya.

    faktor ini dapat mempengaruhi keharmonisan sebuah hubungan dan memelihara hubungan supaya tetep kekal dan mesra. urusan ejakulasi dini muncul didasari alamat bukti bahwa sekitar udara memerlukan dikala yg jauh obsolet buat menggapai akhir klimaks saat satu buah pasangan tambah berhubungan intim, bahkan ada masih yg kesulitan mengalami orgasme kala berhubungan dgn pasangannya. cara mengalahkan Ejakulasi Dini

    era yg pass panjang diwaktu berhubungan intim dipercaya memberikan sensasi yang lebih untuk dirasakan saat berhubungan badan. Penetrasi yang dilakukan dekat ketika yg lebih bahari berpengaruh kembali dengan mungkin saja pencapaian orgasme yang lebih mengobral perihal – faktor inilah yang mendasari munculnya keluhan ejakulasi dini.

    Apabila pertanyaan masih belum sanggup terpecahkan serta-merta menghubungi dokter spesialis andrologi Klinik apollo pada wawancara lebih lanjut di Hotline No. (021)-62303060.


    Andrologi | bagaimana mengatasi kulup panjang

    Apakah sunat sakit | Metode sunat modern terkini

    hubungi Dokter | Chatting gratis

    ReplyDelete
  52. Saya ngalamin hal yang sama. Entah dari kapan, kayaknya pas smp, dulu saya pernah dikucilkan selama setahun. Skrang saya baru lulus smk. Dan saya bingung. Saya mau kerja, tpi di sisi lain saya takut ketemu orng baru. Saya ngerasa rendah diri, saya ngerasa buruk. Saya pernah nyoba kerja sekali, itu cuma berlangsung tiga hari karna saya stress. Orng2 baru disekitar saya kaya gak terima kehadiran saya cuma karna saya lebih banyak diam (nggak ikut ngobrol), mereka mungkin nyangka saya sombong, tpi sebenernya saya takut, gugup, bingung mau ngomong apa. Saya rasanya nggak mau kerja lgi, tpi orng tua maksa saya cari pengalaman. Iya saya tau, tpi mereka nggak ngerti keadaan saya. Saya mau curhat jga takut disangka yg aneh2. Selama ini klo perasaan takut kambuh, saya cuma bisa nangis. Saya bingung gmn caranya bebas dri penyakit ini, krna tanpa bantuan orng2 sekitar, saya ttp nggak bisa bangkit.

    ReplyDelete
  53. Apakah social anxiety ada kaitannya dg kepribadian ganda ?

    ReplyDelete