8 Kelebihan yang Dimiliki Introvert


Sebelumnya gue pernah membuat posting tentang masalah-masalah yang sering dihadapi introvert. Walaupun seorang introvert memiliki kekurangan, mereka juga memiliki kelebihan. Bagi anda yang introvert jangan sedih dulu ya! Jadi, apa aja kelebihannya?

1. Pendengar yang Sangat Baik
Seorang introvert itu memang terlahir dengan telinga yang peka. Walaupun mereka jarang mengeluarkan sepatah kata dari mulutnya, tapi telinga mereka selalu setia mendengarkan setiap kata yang ada di sekelilingnya. Mungkin orang biasa melihat introvert sebagai orang yang kalem/pendiam di lingkungan sosial, tapi saat mereka diam, sebenarnya mereka sedang mempelajari dan mengamati apa yang ada disekitarnya, yaitu dengan cara melihat dan mendengarkan. Jadi, jangan kaget kalau diam-diam ternyata introvert tahu banyak hal. Selain itu, karena mereka adalah pendengar yang baik, introvert cocok untuk dijadikan teman curhat.

2. Teman yang Berkualitas
Berbeda dengan ekstrovert yang punya banyak teman dimana-mana, introvert cenderung kuper. Tapi hal ini yang membuat seorang introvert menjadi teman yang berkualitas. Karena introvert melihat teman bukan dari kuantitas (jumlah), tapi dari kualitasnya. Introvert itu hanya ingin berteman dengan orang yang benar-benar ingin menjadi temannya. Karena itu, mereka juga lebih menghargai temannya, karena bagi mereka untuk mendapatkan teman itu tidaklah mudah.

3. Mempunyai Pikiran dan Imajinasi yang Sangat Luas
Walaupun mereka diam, tapi pikiran seorang introvert gak pernah diam. Pikiran mereka selalu berjelajah tanpa henti dan sangat luas. Oleh karena itu introvert suka terlihat pasif karena sebenarnya mereka lebih menikmati untuk aktif di dunia khayalan/imajinasi. Jadi introvert itu sangat cocok untuk menggeluti bidang atau pekerjaan yang berhubungan dengan banyak berpikir/berkhayal. Kalau anda perhatikan juga, orang yang jago gambar, melukis atau desain itu rata-rata introvert.

4. Jago Menulis
Selain jago menggambar, melukis atau desain, biasanya introvert juga jago menulis. Masih ada hubungannya dengan yang di atas. Walaupun introvert kurang ahli dalam berbicara, tapi otak mereka ahli untuk membuat kata-kata yang menarik. Karena imajinasinya yang luas, introvert juga dapat membuat cerita yang unik dan menarik untuk dibaca.

5. Lebih Mandiri
Karena sering menyendiri, introvert terbiasa melakukan segala hal sendirian. Hal tersebut membuatnya menjadi lebih mandiri. Berbeda dengan ekstrovert yang biasanya melakukan sesuatu hal ramai-ramai atau berkelompok.

6. Penyabar
Selain terbiasa melakukan hal sendirian, introvert juga udah terbiasa dengan menunggu. Introvert gak akan merasa kerepotan untuk menunggu, karena mereka udah terbiasa berdiam diri dalam waktu yang lama. Karena itu, introvert merupakan orang yang lebih penyabar daripada ekstrovert.

7. Mempunyai Aura yang Damai
Introvert gak suka dengan yang namanya menyelesaikan masalah dengan fisik, mereka lebih cenderung menyelesaikan masalah dengan berpikir. Introvert kurang suka dengan yang namanya kekerasan atau hal yang berbau "keras" atau merepotkan. Mereka adalah orang yang damai yang suka menyelesaikan masalah dengan cara yang damai dan simple.

8. Memiliki Sifat Tekun dan Bertanggung Jawab
Yang terakhir yaitu tekun dan bertanggung jawab. Ya, seorang introvert cenderung memiliki sifat yang tekun dan bertanggung jawab. Mereka bukan tipe orang yang sering suka keluyuran keluar rumah dan hura-hura, karena mereka adalah anak rumahan. Walaupun ada introvert yang pemalas, tapi mereka tetap akan menyelesaikan tugas yang telah diberikan.




Artikel Lainnya:

87 comments:

  1. setuju banget bro, ane dukung trus postingan ente tentang "introvert"
    hahaha... kebetulan ane juga introvert :D

    ReplyDelete
  2. he he alhamdulillah.. tak selamanya introvert itu buruk

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujulah,,, karena setiap orang mempunyai kemampuan masing2 khususnya introvert mempunyai kelebihan tersendiri

      Delete
  3. pas banget sama aku hehehe. susah bergaul bukn bearti gk punya tmn kan :)

    ReplyDelete
  4. Introvert is someone who looks like wall flawer. It reverse to an ekstrovert who talking all the time. Let's make ourself become a great introvert. ^__^

    ReplyDelete
  5. Ambivert adalah orang yang multi-feeling.

    ReplyDelete
  6. Wah...baru tau ternyata saya introvert,
    Jd semangat, terimakasih

    ReplyDelete
  7. haha sya introvert jga ternyata,,thanks infonya..:)

    ReplyDelete
  8. mantap nyangkut banget sama gue bro

    ReplyDelete
  9. kenapa para inntrovert ga bikin komunitas gitu anggotanya para introvert. kan jadi bnyak teman para introvert bahkan teman berkualitas

    ReplyDelete
  10. Banyak yah yg introvert.... pengen tahu deh.. seintrovert apa sih kalian... dan apa yg kalian rasain jadi introvert???

    ReplyDelete
  11. Banyak yah yg introvert.... pengen tahu deh.. seintrovert apa sih kalian... dan apa yg kalian rasain jadi introvert???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak punya topik buat dibahas, lebih seneng mendengar sm melihat. Nyaman jadi introvet dan bener tuh kalo pas diem itu kyk dpt energi. Heheheh

      Delete
  12. Hai Para introvert.
    Salam kenal yaa :)
    Kaya nya boleh juga tuh buat komunitas introvert.
    Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  13. Sjk sy mulai cb jd introvert dari SMP Kelas 2 smpai SMA Kelas 1 skrng, trbkti Nilai sy lbh baik dibanding yg pro-sosial. I'm proud as an introvert ^_^d

    ReplyDelete
  14. Ada yg menyimpulkan kalau introvert itu anti-sosial dan hal yg berbau negatif lainya. Sebenarnya mereka hanya tidak tau rasanya menjadi seorang introvert........ I'm proud as an introvert :)

    ReplyDelete
  15. yes anyone , have a skill different, but tobe ambievert can help introvert to show their skill, and help extrovert to keep their over carachter :v

    ReplyDelete
  16. Semua point hampir mirip ama kepribadian aku kecuali nomor 4."Jago Melukis" :D

    ReplyDelete
  17. introvert males mandi, males ngapa2in, kayaknya jelek2 semua dah.... merasa pintar paling cool n ga butuh sapa2... menurut gua sih seperti membohongi karakter sendiri... dan introvert hanya bisa di terima dirinya sendiri bukan sesama intro vert apalagi extrovert...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya karakter yg agan sampaikan itu karakter secara personal deh, karna ga ad hubungannya introvert dg males mandi. saya introvert makanya sy perfeksionis dlm segala hal, termasuk kebersihan.

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. karena diriku sendiri memang introvert, aku sering merasa rendah diri & tidak percaya diri. But, i'm promise. kalau aku sendiri berusaha dan yakin kemampuan yang aku miliki ini sangat berguna. Thanks

    ReplyDelete
  20. cita-cita ingin jadi penulis Aamiin

    ReplyDelete
  21. I'm Introvert .. Dan aku nyaman jd diri sendiri

    ReplyDelete
  22. I'm Introvert .. Dan aku nyaman jd diri sendiri

    ReplyDelete
  23. Saya juga introvert, tapi cita-cita saya ingin menjadi hacker. :v . Semoga saja tercapai. :v

    ReplyDelete
  24. Jika Anda merasa introvert , apakah sdah bertanya ke teman" Anda ? Apakah Anda termasuk karakter introvert �� Jika merasa sendiri ,belum tentu . Namun yang paling khas dri orang introvert adalah dia bisa membuat imajinasi yang luas sprti d ktakn d atas ..dan org introvert bisa berkata panjang lebar cuma hnya didalam tulisan atau kepada orang yang sudah di percayai oleh org intovert itu sndri.. dan akhir kata "jujur saja , orang introvert itu mempunyai aura yang luar biasa dan terkadang bisa tau yang akan terjadi walau belum terjadi(menganalisis)" by mata batin

    ReplyDelete
    Replies
    1. sialnya itu hal yang spontan, bukan sesuatu yang bisa dikendalikan

      Delete
    2. brarti bener kalo org introvert sering ngalamin deja vu??

      Delete
  25. seperti nya ada suatu perubahahan di dalam diri saya yang akhir-akhir ini berubah menjadi pendiam,dan ternyata ini loh penyebab nya

    ReplyDelete
  26. Escape reality and play game.

    ReplyDelete
  27. Escape reality and play game.

    ReplyDelete
  28. kenapa ya saya sulit sekali berinteraksi... bwt ngucapin satu kata saja harus mikir panjang...saya takut sekali dikira sombong pdhl saya juga mau sekali bisa ngobrol seperti yg
    lainya (ekstrovert)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat bang, gak usah dipaksain, saya harap abang bisa cuek saat dikira sombong, yang penting abang bukan orang sombong..
      saya justru males nyapa orang, gak tega ngasih expresi palsu..

      Delete
  29. Pemyabar sih penyabar, tapi kalau nunggunya dipinggir jalan terus banyak montor lewat bisa mati berdiri juga :'v

    ReplyDelete
  30. Gw cendrung introvert tapi setiap psikotest tertulis gw akan berusaha menggambarkan kalo gw ekstrovert karena kebanyakan seleksi psykotest mungkin lebih memilih ekstrovert

    ReplyDelete
  31. gw introvert,jd introvert emang bnyk gk enaknya! serasa hidup sendiri yg lain hidup di planet lain.hr2 serasa sunyi sepi! hingga terperangkap didalamnya.sehingga sering galau & bnyk pikrn ketika suntuk,hingga kepala serasa mau pch

    ReplyDelete
  32. introvert menurut gw nyaman, karena itu gak bikin gw skit hati karna orang luar sana. sempet jadi anak extrovert karena 'seseorang' yg buat gw kyak gtu. yg bkin gw terinspirasi jd anak extrovert. tp karena dia udah gak peduli gw lagi. gue jd balik anak introvert lagi haha. tp skrg introvertnya cuman pas di rumah aja. kalo di sekolah gw nyaman jd anak extrovert, tp klo terlalu lama jd extrovert, gue capek bgt.berasa sandiwara di atas panggung pas jd extrovert.

    ReplyDelete
  33. saya introvert, pernah iseng2 coba jadi extrovert tapi rasa'y jadi aneh hehehe xD

    ReplyDelete
  34. Hampir sama banget kaya kehidupan gwe saat ini artikelnya

    ReplyDelete
  35. Hampir sama banget kaya kehidupan gwe saat ini artikelnya

    ReplyDelete
  36. benergan nyaman kalo sendiri,, moto ane,, gwe lakuin sebisa gue tanpa meminta tolong siapa siapa sampai gwe bener bener lemah dan tidak mampu baru saya meminta tolong,,tp nyaman kalo ngobrol itu 4 mata aja,,gag suka keramaian yg gag berguna,,pemalas tetapi tenang itu hanya sesuatu yg belum ada yg harus di putuskan,,kalo sudah memutuskan sesuatu,,waktu serasa tidak ada,,yang ada hanya itu apapun harus bisa,,,gag suka di perintah di komentari,,terlalu di perhatikan,,kalo pas lagi sendiri pengen banget di perhatikan,,tapi pas di perhatikan berlebih,,mancing emosi aja,,kalo ngomong itu dalem,,pikiran nya dalem,,kadang merasa di cuekin kalo di luar,,kalo pas sama teman2 ya kaya pake topeng badut pura pura asik,,kalo sudah capek,,sadar gag sadar kita langsung diam,,what?

    ReplyDelete
  37. Senasib ya kami para introvert, dan introvert itu tidak bisa dipaksakan jadi ekstrovert karna mereka sudah terlahir menjadi pribadi yang seperti itu, seperti saya ini tapi saya Bangga:')

    ReplyDelete
  38. Setuju. saya juga introvert tapi saya seseorang punya rasa tanggung jawab penuh pada kewajiban saya.

    ReplyDelete
  39. Sya introvert , Kdg pgen dn nyoba utk menjadi ekstrovert tapi kdg org ekstrovert memandangnya lain . . pdhl niatnya baik tp ekstrovert susah mengerti maksud org2 introvert.

    ReplyDelete
  40. Sya introvert , Kdg pgen dn nyoba utk menjadi ekstrovert tapi kdg org ekstrovert memandangnya lain . . pdhl niatnya baik tp ekstrovert susah mengerti maksud org2 introvert.

    ReplyDelete
  41. Halo semua, akhirnya ketemu dengan yang sebangsa tanah dan sebangsa air.. :D
    thanks buat penulis.. ada yang tahu komunitas introvert dmn?

    ReplyDelete
  42. setiap org punya kelebihan dan kekurangannya..

    Salam introvert....

    Trims buar penulis :D

    ReplyDelete
  43. Percuma jadi introvert kl bodo,iq nggak tinggi,KEGENGSIANMU AKAN MENGHANCURKAN DIRIMU,SAYA CONTOHNYA"Yah Buat yang introvert semoga selamat dunia dan akhirat dan lancar menjalani hidupmu.gua juga introvert,pastikan loe geniusT_T ""HIDUP INTROVERT""

    ReplyDelete
  44. Dulu w pas smp jadi introvert tapi pas lulus jadi ambivert gara2 pergaulan ,skrng gw jadi orng gk jelas random gitu lah

    ReplyDelete
  45. Jangan selamanya jadi introvert, teman" harus menjadi extrovert, semua memang ada kekurangan dan kelebihan nya. Tapi lebih baik menjadi extrovert? Agar menjadi orang yg lebih bermanfaat. See you

    ReplyDelete
  46. Sy introvert, introvert sulit mengembangkan diri....buat komunitas yok

    ReplyDelete
  47. Gw introvert. Pengembangan diri lebih ke lukisan dan puisi. Dunia introvert itu terlalu dalem dan kadang ngga semua orang paham.
    Karna dunia exstrovert itu luas jadi kadang mereka mandang introvert orang yg aneh.

    ReplyDelete
  48. Semua manusia punya kelebihan maupun kekurangan, saya ambievert tapi cenderung introvert. Mari kita terima diri kita terlebih dahulu, mungkin setelahnya orang lain akan menerima kita. Keep strong

    ReplyDelete
  49. semua poin saya miliki kecuali pandai menulis, menggambar, bahkan saya kadang masih sulit bicara

    ReplyDelete