8 Hal yang Harus Dilakukan Tapi Ternyata Jarang Dilakukan


Di dalam hidup kita ini, banyak sekali hal-hal yang harus kita lakukan, gue ulang sekali lagi HARUS/WAJIB dilakukan. Kenapa? Karena hal-hal tersebut dapat berpengaruh cukup besar dalam kehidupan kita, maka dari itu hal-hal tersebut harus dilakukan.

Namun, sayangnya ternyata hal-hal yang harus dilakukan itu malah jarang dilakukan. Padahal hal-hal tersebut dapat berdampak ke kesehatan kita, kehidupan sosial kita, bahkan masa depan kita. Jadi, hal-hal apa aja itu?

1. Tidur Malam Minimal 6 Jam
Sebenarnya saat malam hari, durasi waktu untuk istirahat tidur minimal 6 jam. Namun, semakin umur bertambah semakin bertambah juga tanggung jawab setiap orang. Karena itu, biasanya orang-orang dewasa jadi mengurangi kualitas tidurnya. Padahal tubuh manusia itu memerlukan istirahat yang cukup, dan kalau kurang istirahat dapat menyebabkan cepat lelah dan mengurangi daya tahan tubuh. Selain itu kurang tidur juga membuat cepat tua.

2. Sarapan Pagi
Saat SMA gue jarang sarapan, karena sering bangun agak kesiangan. Tapi, gara-gara jarang sarapan gue jadi susah konsentrasi, cepat pusing dan ngantuk saat pelajaran. Akhirnya gue disuruh harus sarapan sama nyokap gue sebelum sekolah. Setelah itu, setiap pagi di sekolah jadi gue jadi lebih segar. Sebenarnya, pagi hari itu adalah waktu yang paling tepat untuk makan, daripada makan siang dan malam. Karena saat pagi, tubuh sangat membutuhkan banyak energi dan gizi untuk memulai aktifitas. Maka dari itu, sarapanlah!

3. Olahraga Minimal 3 Kali Seminggu
Kata pak guru olahraga di sekolah gue, kita harus berolah raga minimal 3 kali dalam seminggu. Tapi, kenyataannya gue malah gak pernah olahraga. Olahraganya gak harus yang berat-berat, bisa main futsal/sepak bola, berenang, jalan kaki keliling taman, jogging, senam dsb. Hal ini dapat membantu tubuh anda menjadi lebih bugar dan sehat.

4. Menjaga Kebersihan
Menjaga kebersihan lingkungan itu hal yang harus dilakukan, karena dapat berpengaruh bagi kesehatan dan kenyamanan kita sendiri. Jadi mulailah menjaga kebersihan di rumah anda dengan cara merapikan kamar sendiri, nyapu, ngepel, cuci baju, cuci piring dll. Lalu lanjut di masyarakat dengan tidak membuang sampah sembarangan.

5. Belajar
Mau sekolah atau gak, mau muda atau tua, belajar itu penting dan wajib dilakukan. Tapi, maksud gue bukan harus belajar pelajaran sekolah aja, tapi belajar juga tentang wawasan umum. Kenapa belajar wawasan umum itu penting? Karena wawasan akan selalu berkembang seiring berjalannya waktu. Selain itu, memiliki wawasan yang luas itu sangat bagus, selain untuk diri sendiri juga untuk orang lain. Alasan lainnya adalah supaya gak ketinggalan zaman dan gaptek (gagap teknologi).

6. Tepat Waktu
Indonesia memang sangat terkenal dengan sifat tidak tepat waktunya, berbeda dengan orang di luar negeri yang selalu tepat waktu. Kenapa harus tepat waktu? Selain untuk menghemat waktu, untuk mengajarkan disiplin dan supaya gak kalah sama orang-orang luar negeri.

7. Rajin dan Tekun
Mau cepat sukses? Ya harus rajin dan tekun dong, jangan cuman tidur-tiduran, bengong, jalan-jalan, nongkrong gak jelas dsb. Kumpulkan niat anda sekarang juga untuk mulai melangkah maju kedepan dan menggapai cita-cita anda.

8. Jujur
Berbohong itu lumrah, tapi jangan terlalu sering berbohong, lebih baik jujur. Karena berbohong adalah awal mula dari sebuah musibah, dan sekali anda berbohong, anda harus terus berbohong untuk menutupi kebohongan anda itu. Hidup pun jadi gak tenang. Maka dari itu, lebih baik jujur, walaupun terkadang jujur itu menyakitkan di awalnya, tapi hidup anda akan lebih tenang untuk kedepannya.




Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment