7 Hal Kecil yang Sangat Berharga Tapi Jarang Disadari


Hal yang kecil biasanya kurang begitu diperhatikan, karena ukurannya itu jadi sering diremehkan. Orang-orang lebih sering melihat hal-hal yang besar, dan mengabaikan hal-hal yang kecil. Padahal untuk mendapatkan hal yang besar, kita harus memulainya dari hal yang kecil. Sebenarnya ada beberapa hal kecil yang dapat memberikan dampak yang besar, tapi banyak orang kadang kurang menyadarinya. Apa aja hal-hal kecil itu?

1. Waktu
Berapa banyak waktu yang setiap orang punya? Gak ada yang tahu. Justru karena kita gak tahu berapa banyak waktu yang kita miliki, seharusnya kita lebih memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Gue yakin, anda semua pasti punya mimpi yang ingin dicapai, dan semasih ada waktu, maka gunakanlah waktu itu untuk menggapai mimpi anda. Jangan terlalu banyak membuang waktu dengan bermalas-malasan dan dengan sesuatu yang gak berguna.

2. Kenangan
Sesuatu yang hanya kita sendiri bisa miliki dan nikmati. Setiap orang pasti memiliki kenangannya masing-masing, ada yang indah, ada juga yang tidak. Tapi, semua orang pasti ingin memiliki kenangan yang indah yang bisa diingat selalu. Karena itu, selalu lakukan yang terbaik hari ini dan seterusnya, agar kemarin menjadi hari yang indah yang gak akan anda sesali. (Baca juga: Hal-hal yang dapat menyimpan kenangan)

3. Kesehatan
Kesehatan itu sangat mahal, karena itu harus dijaga baik-baik. Karena kalau udah sakit bisa jadi sangat merugikan. Selain uang harus keluar untuk pengobatan, kegiatan sehari-hari pun menjadi terganggu dan waktu juga jadi terbuang karena sakit. Untuk itu, jagalah selalu kesehatan yang anda miliki!

4. Kasih Sayang
Walaupun gak bisa dilihat, tapi kita bisa merasakannya. Kasih sayang merupakan sesuatu yang sangat berharga dan tak ternilai. Gak semua orang mau memberikan kasih sayangnya, jadi bersyukurlah kalau anda diberi kasih sayang, khususnya kasih sayang orang tua.

5. Usaha
Untuk mendapatkan apa yang kita inginkan itu gak bisa instan, harus ada prosesnya, yaitu dengan usaha. Tapi, banyak orang yang ingin praktis dan cepat, karena itu usaha diabaikan dan lebih memilih cara yang kurang baik (curang/licik). Namun sebenarnya, walaupun usaha itu melelahkan, bikin stress dan terlihat susah, tapi kalau kita gak menyerah untuk berusaha, suatu saat nanti usaha itu akan menghasilkan buah yang sangat manis.

6. Pelajaran Budi Pekerti (BP)
Pelajaran yang kita dapat sejak SD, yaitu pelajaran yang mengajarkan tentang cara berperlilaku yang baik. Tapi, kebanyakan para murid kurang menghiraukan pelajaran ini dan biasanya memilih untuk bolos. Walaupun pelajaran BP ini gak ada di Ujian Nasional (UN), seleksi masuk sekolah atau universitas, tapi pelajaran ini yang akan melahirkan generasi yang baik dan bijak.

7. Doa
Walaupun cuman sebuah kata-kata yang diucapkan dalam hati, tapi doa itu memiliki kekuatan besar yang misterius. Orang-orang biasanya berdoa karena memiliki keinginan yang ingin dicapai (pasti). Tapi, apakah semua doa itu dikabulkan? Jawabannya iya semuanya dikabulkan, tapi gak instan dan semua kembali ke diri sendiri. Tuhan hanya memberikan jalan untuk membantu kita menggapai apa yang kita inginkan, dan usaha kitalah yang akan menentukan apa kita bisa menempuh jalan yang telah diberikan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.  




Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment