5 Akibat Terlalu Sering Duduk Lama-lama


Duduk merupakan suatu kegiatan yang sangat sering dilakukan orang setiap hari. Malah, kapasitas kita duduk dalam sehari lebih lama daripada berdiri dan berjalan. Bagimana tidak? Di rumah saat nonton TV, main komputer, makan pasti duduk. Naik mobil dan motor juga pasti duduk. Padahal kalau terlalu sering duduk itu gak bagus juga. Berikut beberapa akibat kalau terlalu sering lama-lama duduk:

1. Sakit Punggung dan Leher
Duduk terlalu lama dapat menyebabkan otot menjadi kaku dan peradangan bagian sendi tulang belakang. Hal ini dapat mengakibatkan sakit punggung/tulang belakang dan leher.

2. Gangguan Metabolisme Tubuh
Menurut sebuah penelitian, duduk berjam-jam dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Itu disebabkan karena terjadi peningkatan kolesterol dalam tubuh saat duduk. Ini akan mengakibatkan masalah kesehatan secara keseluruhan.

3. Resiko Diabetes
Duduk selama 7 jam sehari dapat meningkatkan resiko terkena diabeter tipe 2. Kenapa? Karena duduk terlalu lama mengurangi kerja tubuh yang mengakibatkan pembakaran gula dalam tubuh berkurang. Jika gula dalam tubuh gak banyak dibakar, makan hal ini akan meningkatkan resiko terkena diabetes.

4. Memperbesar Pantat
Saat duduk, beban tubuh akan ditahan oleh pantat. Tekanan tubuh membuat produksi lemak meningkat sebesar 50% dan berkumpul di bagian tertentu yang menahan beban tersebut, yaitu pantat. Selain itu, duduk juga dapat memicu obesitas.

5. Memperpendek Umur
Menurut hasil penlitian, duduk semakin lama, maka semakin pendek pula umur kita. Ini dikarenakan duduk berjam-jam dapat mengembangkan lemak atau meningkatkan kadar kolestrol. Hal ini akan mengakibatkan anda beresiko terkena serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian.




Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment