25 Fakta Zaman Dulu VS Zaman Sekarang


Udah hampir 20 tahun gue hidup dan melihat banyak perubahan di dunia ini, terutama di Indonesia. Sebagai evaluasi tentang kehidupan, gue coba-coba untuk mengingat kembali hal-hal di zaman dulu dan membandingkannya dengan zaman sekarang. Jadi berikut adalah fakta-fakta zaman dulu dan zaman sekarang:

1. - Dulu: Anak kecil itu mainannya petak umpet, kejar-kejaran, ular tangga, gasing (beyblade), ngerakit tamiya dan main lumpur di sawah.
- Sekarang:  Anak kecil itu mainannya Playstation, Xbox, komputer, smartphone dan gadget lainnya.

2. - Dulu: Anak SD bawaannya Tamagochi dan Gameboy.
- Sekarang: Anak SD bawaanya smartphone dan Playstation Portable (PSP).

3. - Dulu: Pergi ke sekolah jalan kaki, naik sepeda, diantar orang tua atau angkot.
- Sekarang: Pergi ke sekolah naik motor atau mobil sendiri.

4. - Dulu: Nyatat pelajaran di papan tulis itu pakai buku catatan.
- Sekarang:  Nyatan pelajaran tinggal foto papan tulisnya pakai smartphone.

5. - Dulu: Ngumpulin uang buat beli dan ngoleksi Tazos dari Chiki.
- Sekarang: Ngumpulin uang buat main game online dan beli voucher untuk akun game onlinenya.

6. - Dulu: Anak ABG lebih suka ngumpul bareng di teras rumah sambil makan rujak dan menikmati angin sepoi-sepoi.
- Sekarang: Anak ABG lebih suka pergi ke mall, kafe, diskotik/klub.

7. - Dulu: Pakaian terbuka itu gak sopan.
- Sekarang: Pakaian terbuka itu biasa aja.

8. - Dulu: Cinta-cintaan itu klasik dan romantis.
- Sekarang: Cinta-cintaan lebih modern dan cenderung kebarat-baratan.

9. - Dulu: LDR itu cuman bisa surat-suratan.
- Sekarang: LDR itu udah bisa SMS, Telponan atau Video Call.

10. - Dulu: Namanya dicampakan.
- Sekarang: Namanya diPHP-in.

11. - Dulu: Sahabat jadi pacar.
Sekarang: Sahabat jadi friendzone.

12. - Dulu: Perjaka/perawan sebelum menikah itu penting.
- Sekarang: Kalau masih perjaka/perawan walaupun belum menikah itu gak gaul.

13. - Dulu: Yang terpenting adalah sikap, perilaku dan etika.
- Sekarang: Yang terpenting adalah harta, jabatan dan penampilan.

14. - Dulu: Kalau lapar itu makan.
- Sekarang:  Kalau lapar itu buat status dulu.

15. - Dulu: Sebelum makan itu berdoa dulu.
- Sekarang: Sebelum makan itu foto dulu.

16. - Dulu: Doa itu diucapkan dalam hati
- Sekarang: Doa itu ditulis di sosial media

17. - Dulu: Kalau sakit itu pergi ke dokter.
- Sekarang: Kalau sakit itu buat status dulu.

18. - Dulu: Serba susah dan ribet.
Sekarang: Serba mudah dan praktis.

19. - Dulu: Kalau mau mencari informasi di perpustakaan.
- Sekarang: Kalau mau mencari informasi tinggal browsing di internet.

20. - Dulu: Dagang wartel menjamur.
- Sekarang: Dagang pulsa menjamur.

21. - Dulu: Foto pakai tustel
- Sekarang: Foto pakai DSLR/Smartphone

22. - Dulu: Nongkrong di warung kopi (warkop).
- Sekarang: Nongkrong di Coffee Shop/Kafe.

23. - Dulu: Kalau panas itu nyalain kipas angin.
Sekarang: Kalau panas nyalain AC.

24. - Dulu: Kalau belanja di warung/pasar
Sekarang: Kalau belanja di minimarket/super market

25. - Dulu: Pohon banyak, gedung sedikit..
Sekarang: Gedung banyak, pohon sedikit.

Ada yang ingin menambahkan lagi fakta tentang zaman dulu dan zaman sekarang?




Artikel Lainnya:

40 comments:

  1. Replies
    1. kopas dr hasil diskusin sama temen2 bro

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Mas Agung, tolong tulisan ini diberi Pesan bijak pada beberapa fakta diatas jika ingin blogger ikut membantu perbaikan generasi muda. Terimakasih

    ReplyDelete
  5. Dulu : kalo mau denger lagu beli kaset, satu kaset bisa muter muter di pinjem
    Sekarang : tinggal donlot, copy atau bluetooth

    Dulu ; Kalo pesen tiket harus antri
    Sekarang : bisa pesen secara online

    ReplyDelete
  6. hihi bener banget gan ane stuju dengan pendpatnya..
    memang jauh banget perbndingan jaman dulu dan sekarang itu..

    terimakasih atas postingannya ya gan ;)

    sekalian juga http://tanjungherbal.com/shampo-noni-bsy/

    ReplyDelete
  7. kalau dulu : lihat gedung tinggi, lihat jalan raya, lihat taman bermain merasa takjub
    kalau sekarang: lihat sungai masih bening saja merasa sangat takjub

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerrr, lihat hutan hijau terkesima, lihat skyscrappers mo buta

      Delete
  8. hahaha bener tuh gan...
    ada yang alus dikit langsung nengok hahaha...

    ReplyDelete
  9. bener bangettt (y)
    suka banget postingannya gan ;)

    boleh juga dong mampir gan ke wab kami http://mobildatsunbandung.com/

    ReplyDelete
  10. Ada lagi gan, dan ini fakta terjadi. Pintar itu biasa dan kuno, nakal kebablasan itu hebat dan modern. Koreksi kalau gue salah gan... Haha...

    ReplyDelete
  11. Poin no.12, wah,,wah,,western amat ya.

    ReplyDelete
  12. Beda banget ama zaman skrng apa lg 20 thn kemudian bs jd mobil pd terbang

    ReplyDelete
  13. Jaman sekarang tidak menyenangkan
    jaman dulu menyenangkan bisa main sama teman

    ReplyDelete
  14. Dulu : nonton dangdut malam minggu paling asyik
    Skrg: nonton ama aja nggak ada yang asyik uda kebanyakan acara.
    Dulu : mainan anak2 lebih mendidik
    Skrg: mainan anak2 lebih bikin malas mereka untuk bergerak.

    ReplyDelete
  15. Ahh guenya jadi flashback
    http://hantuinfo.com

    ReplyDelete
  16. Dulu makan nasi lauk ikan
    Sekarang makan ikan lauk nasi(diet)

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Wah kalau soal dulu si paling suka mainan jaman dulu kan rame

    ReplyDelete
  19. Wah kalau soal dulu si paling suka mainan jaman dulu kan rame

    ReplyDelete
  20. Maaaakkk. Nyong arep balik zaman dulu

    ReplyDelete
  21. bener tuh.. baca juga nih..
    http://duniaremajaduniamu.blogspot.co.id/2016/06/assalamualaikum.html

    ReplyDelete
  22. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI HUBUNGI:
    No handphone : 085363402103
    PIN : 5C0C4F38

    ReplyDelete
  23. Dulu = banyak yang nyuci baju di sungai sekarang kok tinggal laundry

    ReplyDelete
  24. Zaman skrg kalau mau makan di fotoin, org berdoanyo.. LOL.. aneh.. meskipun wa org zmn skrg, aku mah kagakk gitu orgnya... ga asik sih..

    ReplyDelete
  25. Dulu : murid dihukum guru cuma diam sama nurut doang, kalau dilaporkan ke ortu malah tambah bonus dihukum juga
    Sekarang : apa apa dilaporkan polisi, terus lapor ke ortu, kalau ortunya gak terima langsung dihajar

    ReplyDelete
  26. Dulu :
    1. Makin banyak PITAK makin bangga...
    2. Pulang sekolah MANJAT & NYOLONG buah ceri atau jambu air kalo si empunya rumah ga ada. Ada yg naik pohon, terus dilempar. Nah , yg dibawah nadahin pake ROK SEKOLAH.. (hahaha)
    3. Kalo bulan puasa dr siang hari ampe mo sore maen MONOPOLI
    4. Malem mingguan maen atau buat GUBUK-GUBUKKAN pake sarung bapak
    5. Maaf, kalo cewe, baru pertama kali pake miniset atau bra berlapis-lapis pakaian dalemnya biar ga diledek ama anak-anak cowo

    ReplyDelete
  27. Dulu: Anak SD Paling Suka Liat Spongebob Di TV

    Sekarang: Anak SD Paling Suka Liat Sinetron Di TV

    ReplyDelete
  28. Dulu:bangun rumah gotong royong
    Sekarang:bangun rumah harus bayar tukang dan kuli

    Dulu:cari barang baru/bekas tanya temen dan pembeli datang
    Sekarang:cari barang baru/bekas via online dan barang di antar/cod

    Dulu:ketika ingin tebu harus di makan buahnya
    Sekarang:ingin tebu tinggal minum es tebu

    ReplyDelete