Asal Usul Kata "KEPO"


Kepo? Apa sih itu kepo? Zaman sekarang gak mungkin gak ada yang gak tau kata kepo itu. Kepo udah menjadi kata sehari-hari bagi semua orang di Indonesia. Namun, apa arti sebenarnya dari kepo itu? Asal usulnya darimana? Ayo, mari kita bahas bersama-sama.

Kepo merupakan kata slang alias ucapan populer di Indonesia yang muncul sejak kurang lebih tahun 2012, saat gue masih SMA. Kepo merupakan kepanjangan dari Knowing Every Particular Object, yang artinya mengetahui setiap hal tertentu atau bahasa lainnya ingin tau banget. Itu adalah arti yang gue tahu saat itu, gue juga gak tahu darimana asal kata kepo tersebut.

Namun, seiring berjalannya waktu, mulai ada arti lain dari kata kepo tersebut. Seperti salah satunya KEPO = KElakuan POlisi, yang maksudnya kepo itu seperti kelakuan polisi yang suka menginterogasi tersangka alias banyak bertanya.
Arti lainnya yaitu diambil dari bahasa Inggris yaitu, "Care Full" yang artinya "Peduli banget". Kata ini mengalami transformasi:
Care Full --> Ker Pol --> Kepo (aneh ya?)
Gara-gara arti lain dari kata kepo ini, gue semakin penasaran mengenai asal usulnya darimana. Sehingga gue melakukan pencarian di internet untuk mencari artikel yang membahas kata kepo tersebut. Selain browsing, gue juga mendapat info dari beberapa teman gue.

Nah, setelah mengumpulkan semua informasi mengenai kata kepo tersebut, gue akhirnya tahu asal usul kata kepo itu dimana dan bagaimana.
Jadi, kata kepo itu berasal dari kata keypo yang merupakan bahasa Hokkien (bahasa yang digunakan oleh komunitas Tionghoa di Medan, Pekanbaru, dan Palembang), yang memiliki arti:
Ke = Bertanya, Po (Apo) = Nenek-nenek
Jadi artinya nenek-nenek yg suka bertanya. Tapi arti dari kata keypo ini  bisa diartikan juga yaitu ingin tahu atau penasaran, dan kata ini memiliki konteks yang sama sekali tidak negatif.

Kemudian seiring berjalannya waktu, kata teresebut lama-lama menjadi kata serapan di bahasa Singlish (Singaporean English), lalu lahirlah kata kaypoh. Kaypoh berarti busybody atau "to act as a busybody". Busybody sendiri artinya adalah orang yang suka campur tangan dalam urusan orang lain.

Akhirnya, kata kaypoh tersebut mulai diketahui oleh orang Indonesia, dan kata kaypoh itupun mulai berubah menjadi kepo, dan begitulah asal usul kata kepo itu muncul dan kemudian tersebar luas di Indonesia.




Artikel Lainnya:

1 comment:

  1. tadinya gue kira tu kepo asalnya dari bahasa daerah babe gue Banjar,Kalsel. "Kipuh," yah, artinya kira-kira sama dengan pengen tahu, sibuk sendiri, cari-cari sesuatu berlebihan, padahal orang-orang biasa-biasa aja... Oh ternyata itu rupanya, tp gk apa biar nambah rame aja. txs.

    ReplyDelete