4 Tips Menjaga Helm Agar Tidak Dicuri


Pencurian helm memang udah marak di Indonesia, karena itu helm harus benar-benar disimpan dan dijaga baik-baik. Soalnya kalau udah kecurian itu pasti bakal membuat masalah jadi ribet, seperti harus ngeluarin uang lagi buat beli helm, atau bisa aja kena tilang gara-gara gak pakai helm (padahal kemalingan).

Gue sendiri udah 3 kali jadi korban pencurian helm. Yang pertama, gue kehilangan helm di sekolah (dicuri teman sekolah), yang kedua gue kehilangan helm di rumah teman gue (gue kira aman, jadi helm gue taruh di spion motor), dan yang ketiga gue kehilangan helm di parkiran dekat bank (padahal gue udah bayar duluan sama tukang parkirnya, balik-balik lenyap juga helm gue). Setelah helm gue dicuri 3 kali, gue banyak mendapat pelajaran dan gue bisa menarik beberapa kesimpulan agar helm gak akan dicuri lagi:

1. Di Bawa Kemana-mana
Cara yang satu ini memang sangat ampuh untuk mencegah helm kita dicuri. Selalu bawa helm anda kemanapun anda pergi, kalau mau helm terus dipakai walaupun lagi gak naik motor (dikira anak racing). Tapi, kalau anda membawa tas, anda bisa memasukan helm kedalam tas anda.

2. Dititip Di Tempat Penitipan Helm
Kalau di dekat tempat anda memarkirkan motor ada tempat penitipan helm, sebaiknya anda titipkan helm anda disana. Tapi sebelumnya, pastikan kalau tempat penitipan helm tersebut adalah tempat penitipan helm yang resmi, bukan yang abal-abal.

3. Masukan/Sangkutkan Ke Jok Motor
Jangan pernah sekali pun menaruh helm di spion motor, mau anda cuman pergi sebentar, jangan pernah melakukan itu. Hal itu akan membuat helm anda rawan menjadi target pencurian (apalagi helm bagus dan mahal). Jadi, kalau jok motor anda cukup besar, sebaiknya masukan helm anda kedalam jok motor anda. Kalau gak muat, sangkutkan helm anda di jok motor anda. Tapi gue lebih saranin untuk memasukan helm ke jok motor, karena kalau disangkut di jok motor, helm masih bisa dicuri dengan cara tarik paksa, mencongkel jok motor atau memotong tali helm.

4. Gunakan Helm yang Jelek/Murahan/Tak Layak Pakai
Cara ini anda lakukan kalau anda benar-benar apes dan kecurian helm berkali-kali. Jadi anda cukup membeli helm yang murah (sekitar Rp. 30.000 - 50.000) dan jangan dirawat, hingga helm anda menjadi buruk rupa (anda juga bisa menempel stiker di helm anda, supaya helm anda gak begitu jelek). Nah, kalau udah begitu, helm murahan anda pun bukan sekedar murahan lagi, tapi jadi helm murahan yang jelek dan tak layak pakai. Contoh helm gue yang murahan, jelek dan tak layak pakai:


Gue jamin, pencuri helm pasti langsung ilfil (hilang feeling) kalau ngelihat helm gue hahaha. Tapi sayangnya, bukan cuman pencuri helm aja yang bakal ilfil, cewek juga ikut ilfil kalau ngelihat gue :(

Info tambahan: Jangan terlalu berharap helm anda akan aman, walaupun ada satpam atau tukang parkir. Helm anda akan benar-benar aman kalau anda mengikuti tips gue di atas.




Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment