5 Tips Ampuh Menghemat Baterai Smartphone


Zaman sekarang gue jamin kebanyakan orang di seluruh dunia lebih banyak membawa smartphone, ketimbang handphone. Karena memang kebutuhan informasi (internet & social media) semakin banyak, serta kecanggihan teknologi pun juga mendukung untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tapi sayangnya, semakin canggih sebuah smartphone maka membutuhkan mesin yang lebih canggih dan membutuhkan daya baterai yang besar.

Walaupun demikian, masalah seringnya baterai cepat habis memang menjadi suatu situasi yang susah untuk dihindari. Karena itu banyak orang membawa charger dan power bank, selain smartphonenya . Padahal pas gue masih SD dan SMP, charger itu gak perlu dibawa sampai ke sekolah, mall, tempat makan dsb, power bank aja gue gak tahu waktu itu. Menurut gue, charger itu cukup dibawa kalau memang kita pergi keluar kota untuk waktu yang lama aja. Gue juga jadi bingung, kenapa di saat teknologi semakin canggih, tapi malah jadi gak praktis ya?

Gue salah satu pengguna smartphone Nokia 808 (ada yang tahu?) dan pemakaiannya tanpa charger bisa bertahan paling sebentar 1 hari dan paling lama 2 hari. Mau tau gimana caranya? Berikut tipsnya:  

1. Kurangi Brightness
Untuk pengaturan brightness anda bisa setting ke "Auto", dimana penerangan pada layar smartphone disesuaikan dengan keadaan cahaya di sekitarnya. Tapi menurut gue, settinglah brightness ke yang paling minimum adalah pilihan yang efisien untuk menghemat baterai.

2. Gunakan Mode Menghemat Baterai
Biasanya di smartphone zaman sekarang udah tersedia mode "Power Saving" atau "Battery Life" dsb. Jadi dengan mode ini, smartphone anda akan lebih mengutamakan ketahanan baterai daripada kinerja untuk smartphone. Tapi, untuk smartphone canggih seperti sekarang mode menghemat baterai seperti ini gak akan menganggu kinerja peforma smartphone anda.

3. Kurangi Penggunaan Koneksi 3G/4G
 Pilihlah koneksi EDGE/2G pada smartphone anda. Karena kalau mengunakan koneksi 3G/4G akan memakan lebih banyak tenaga baterai smartphone anda. Jadi, gunakanlah koneksi 3G/4G ketika anda lagi memerlukannya aja, seperti di saat anda kekurangan koneksi atau lagi perlu browsing atau streaming dengan cepat. Tapi kalau untuk keadaan yang biasa-biasa aja, lebih baik mengunakan EDGE/2G.

4. Matikan Koneksi Internet
Kalau anda lagi gak mengunakan smartphone anda, matikan koneksi internetnya, atau kalau dalam bahasa inggrisnya "Mobile Data". Jadi kalau anda lagi gak perlu mengunakan internet, matikan koneksi internet atau Mobile Data pada smartphone anda. Karena penggunaan internetlah yang sebenarnya sangat banyak menghabiskan baterai.

5. Gunakan Mode Pesawat (Airplane Mode)
Saran gue, sebelum anda tidur, aktifkan mode pesawat (Airplane Mode) atau mode offline pada smartphone anda. Dengan cara ini, seluruh koneksi pada smartphone anda akan di non-aktifkan. Dengan ini, baterai smartphone anda gak akan terbuang saat anda tidur, dan selain itu tidur anda pun gak akan terganggu oleh telpon dan SMS.




Artikel Lainnya:

5 comments:

  1. kalau aplikasi yang bisa digunakan untuk menghemat baterai apa? soalnya internet bakal sering nyala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya aplikasi menghemat baterai itu malah membuat baterai jd cepat habis. Karena dia adalah aplikasi yg terus berjalan, aplikasi jg salah satu yg mengurangi daya baterai gan. Jd diusahakan untuk mengclose aplikasi yg gak digunakan

      Delete
  2. Emang smartphone itu identik debgan koneksi internet, kalo internet dimatiin, jadi kayak hape biasa deh, cuma nelpon, sms, ngambil foto, denger lagu, maen
    Tp ya harus bijak gunain internetnya biar batere bisa awet sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, sebenarnya penggunaan internet yg pling mengurangi baterai. Byk org yg mengaktifkan internet, tp dipake cmn untuk melihat notif. Klo cmn itu, sebaiknya dimatikan aja

      Delete