6 Tips Agar Hafal Lirik Lagu Cepat


Bingung cara menghafal lirik lagu dengan cepat? Gue ada nih tips buat anda supaya bisa cepat menghafal lirik lagu. Gue udah sering melakukan tips ini dan memang benar-benar ampuh untuk menghafal lirik pada lagu, penasaran? Ayo silahkan dibaca aja tipsnya:

1. Dengarkan Lagu Sebelum Tidur
Gue sering mendengarkan lagu yang lagi ingin gue pelajari sebelum tidur. Biasanya sih gue ngebuat playlist di HP gue untuk lagu-lagu yang akan gue pelajari. Sebelum mulai mendengarkan , pastikan suasana kamar anda tenang dan lampu sudah dimatikan. Nah kalau sudah, yang tinggal anda lakukan adalah menutup mata sambil mendengarkan lagu-lagu yang akan anda hafal hingga mengantuk. Ketika mata anda sudah terasa berat, segera berhenti mendengarkan lagu tersebut dan tidurlah.
Tips ini berfungsi, supaya lagu yang kita dengarkan masuk ke alam bawah sadar alias kebawa mimpi. Dengan ini, dengan otomatis anda akan dengan mudah menghafal nada dan lirik lagunya.

2. Dengarkan Lagu Terus Menerus
Usahakan anda mendengar lagu tersebut dimanapun, kapanpun dan apapun yang anda lakukan. Tapi saat anda mendengarkan lagunya, jangan berkonsentrasi pada lagunya, tetaplah berkonsentrasi pada apa yang anda lakukan. Terus, gimana cara bisa hafal lagunya? Tenang, dengan cara ini, anda gak akan mengunakan otak anda untuk menghafal lagu tersebut, tapi mengunakan "feeling" alias perasaan anda untuk menghafal lagu tersebut.

3. Dengar dan Tulis Liriknya
Setelah anda melakukan 2 tips di atas, sekarang coba dengar dan tulis lirik lagu tersebut di kertas. Gak peduli liriknya salah atau tidak, tulis saja apa yang anda dengar. Saat anda melakukan ini, jangan terlalu pusing-pusing berkonsentrasi mendengarkan liriknya, rasakan aja liriknya dengan perasaan anda dan tulislah liriknya. (Cara ini akan mengetes seberapa jauh "feeling" anda mengenali lagu tersebut)

4. Baca Lirik Lagu yang Asli
Baik, jadi anda sudah menulis lirik lagu tersebut sesuai dengan apa yang anda dengar. Sekarang, buanglah kertas yang anda tulis tadi, karena anda gak membutuhkannya lagi. Carilah lirik asli dari lagu tersebut dan bacalah lirik tersebut dengan sedikit bernyanyi sambil mendengarkan lagunya. Bacalah liriknya hingga benar-benar hafal. Gue jamin, anda akan dengan mudah menghafal liriknya.

5. Bernyanyi Sambil Mendengarkan Lagu
Saatnya untuk mempraktekan lagu tersebut. Sekarang anda coba nyanyikan lagunya sambil mendengarkan lagunya. Lakukan hal ini hingga anda benar-benar nyaman dengan lagu yang anda nyanyikan, sambil menyempurnakan lagu dari kesalahan-kesalahan minim (lupa beberapa kata di lirik, nada dll).

6. Nyanyikan Lagu Tanpa Mendengarkan Lagu
Terakhir, setelah anda hafal dengan lirik dan nada lagu tersebut, saatnya latihan untuk penampilan anda membawakan lagu tersebut. (Baca juga: Tips Menghayati Sebuah Lagu)




Artikel Lainnya:

9 comments: