4 Tips Menghayati Sebuah Lagu


Bagi anda yang suka beryanyi tapi bingung bagaimana supaya bisa menghayati sebuah lagu saat dinyanyikan, ini gue ada beberapa tips buat anda supaya bisa menghayati lagu yang akan anda nyanyikan. Oke, jadi berikut tips-tipsnya:

1. Dengarkan Musiknya
Musik merupakan salah satu faktor yang membuat si penyanyi bisa menghayati lagunya. Tapi, lagu tersebut bisa dihayati kalau anda nyaman dan suka dengan musiknya. Jadi, untuk bisa mulai menghayati lagu yang akan anda nyanyikan, sebaiknya dengarkanlah dulu lagunya.

2. Pahami Liriknya
Jika anda sudah memutuskan bahwa lagu tersebut cocok dengan anda, langkah selanjutnya agar anda bisa lebih menghayati lagunya adalah dengan memahami liriknya (Baca juga: Tips Cepat Menghafal Lirik). Memahami disini bukan sekedar hafal dengan liriknya, tapi anda mengerti maksud dari arti lagu tersebut. Cara mudah agar anda bisa memahami lagunya yaitu, saat anda mendengarkan lagunya, bayangkan video klip tentang lagu tersebut, dan anda berada di video tersebut (jadi penyanyi atau jadi orang yang diceritakan dari lagu tersebut).

3. Hafalkan Nada Musiknya
Selain menghafal lirik, anda juga harus menghafal nada lagunya. Jadi dengan ini anda akan terhindar dari out of tune atau fales. Juga anda bisa lebih mengimprovisasikan saat bernyanyi, dengan ini anda akan lebih mudah menghayati lagunya dan tahu kapan dapat menyanyikan lagu dengan keras atau lembut sesuai isi lagunya.

4. Bernyanyilah dan Biarkan Dirimu Dibuai Alunan Lagu
Tips yang terakhir ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan. Anda cukup mendengarkan lagunya dan bernyanyilah sambil membayangkan anda sedang membawakan lagu tersebut seperti anda berada di video klip lagu tersebut atau dalam sebuah konser yang ditonton ribuan orang. Saat bernyanyi, biarkan alunan musik dan lirik menggerakan anda. Nyanyikanlah pula lagunya dengan gerakan tangan dan mimik wajah, seperti anda membawakan puisi.




Artikel Lainnya:

2 comments:

  1. gue mah kalo urusan lagu musik duluan, baru lirik. Asal musiknya cacthy dan berkualitas lirik bakal ngikut asik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, kalau kita ga cocok sama musiknya, bakal susah buat ngehayatinnya

      Delete