9 Manfaat Minum Air Putih


Air putih, minuman yang selalu kita temui setiap hari ternyata gak bisa dianggap remeh. Khasiat air putih ternyata sangat baik buat kesehatan tubuh. Setelah gue banyak baca-baca artikel tentang manfaat minum air putih, gue bisa menarik kesimpulan sebagai berikut mengenai manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Energi Tubuh
Ketika anda merasa lelah, gak perlu minum minuman berenergi (Energy Drink). Cukup dengan minum air putih, anda bisa menghilangkan rasa lelah anda. Hal ini disebabkan, karena dengan minum air putih dapat membantu tubuh membentuk sel darah merah baru dan membantu pembentukan sel otot. Selain itu, air putih membantu kerja organ-organ tubuh. Secara otomatis, dengan minum air putih dapat menghilangkan rasa lelah.

2. Mengeluarkan Racun dari Tubuh
Dengan minum air putih yang cukup setiap hari, dijamin tubuh akan selalu sehat. Tubuh kita pun akan terbebas dari racun-racun yang berbahaya bagi tubuh. Karena air putih dapat membantu menyaring racun-racun di dalam tubuh kita dan dikeluarkan dalam bentuk urine (buang air kecil) dan keringat.

3. Membuat Kulit Lebih Sehat
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa air putih dapat mengeluarkan racun dari tubuh. Nah, dengan terbebasnya tubuh dari racun-racun tersebut, kulit kita pun jadi tidak kusam, kulitpun jadi lebih sehat, lebih segar dan tidak kering, sehingga jadi lebih awet muda. Selain itu, dengan minum air putih yang teratur, dapat mengurangi jerawat pada kulit di wajah.

4. Membantu Proses Pencernaan
Minum air putih yang cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan dan meringankan beban usus, sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan. Air putih juga membantu  penyerapan nutrisi pada tubuh dan membentuk urine atau massa kotoran (buang air kecil/besar).

5. Mencegah Sembelit
Bagi yang memiliki masalah sembelit atau susah buang air besar, gak perlu susah-susah membeli obat sembelit. Cukup dengan minum air putih dengan teratur, sembelit pun bisa diatasi dan dicegah

6. Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut
Manfaat lainnya dengan minum air putih yaitu, dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi. Karena air putih membantu memelihara produksi air ludah di mulut. Sedangkan fungsi air ludah itu sendiri adalah sebagai self cleansing dan memelihara flora normal di dalam mulut. Selain itu, dengan minum air putih dapat mengurangi bau mulut.

7. Menjaga Kesehatan Ginjal
Ada hubungannya dengan manfaat ke-2. Minum air putih yang cukup akan membantu kerja ginjal untuk memproses sisa-sisa metabolisme tubuh, termasuk nitrogen urea darah (salah satu racun dalam tubuh). Sehingga ginjal bisa memproses semua itu dengan mudah, dan diekskresikan melalui urine. Ketika tubuh memiliki cukup air, warna urine akan terlihat lebih jernih dan tidak berbau. Sedangkan kalau kekurangan air, warna urine akan lebih pekat dan berbau. Selain itu, dengan minum banyak air putih bisa mencegah penyakit batu ginjal. Itu dikarenakan, batu ginjal dapat dilarutkan dan dikeluarkan melalui urine dengan bantuan air putih.

8. Meredakan Sakit Kepala
Banyak orang yang sakit kepala lebih memilih membeli obat sakit kepala daripada minum air putih. Tidak bisa disalahkan, mungkin belum pada tau kalau air putih dapat meredakan sakit kepala. Biasanya, sakit kepala itu diakibatkan karena kelelahan atau dehidrasi. Seperti pada manfaat ke-1, kalau kelelahan gak perlu minum minuman berenergi, cukup air putih aja. Sedangkan dehidrasi (kekurangan cairan pada tubuh), solusinya ya minum air putih juga.
" Menurut para peneliti dari University of Masstricht, Belanda, minum air putih tujuh gelas dalam sehari bisa meredakan sakit kepala, dan meningkatkan kualitas hidup mereka yang selama ini menderita akibat migrain. Dalam uji coba, mereka yang minum 1,5 liter air sakit kepalanya berkurang 21 jam, demikian pula dengan intensitas rasa sakitnya."

9. Mencegah Resiko Kanker
Minum air putih dapat mengurangi resiko kanker kandung kemih dan kanker usus besar. Alasannya, karena air putih dapat meleburkan konsentrasi gen penyebab kanker dalam urine dan memperpendek waktu virus di dalam kontak dengan lapisan kandung kemih, dan air putih juga membantu proses penyerapan pada usus besar dan membersihkan usus besar dari sisa-sisa bakteri/kuman yang masih tersisa. Selain itu, air putih dapat membantu mencegah kanker payudara.

Jadi, minumlah air putih sebanyak 8-10 gelas per hari secara teratur!




Artikel Lainnya:

4 comments:

  1. Terima kasih infonya.
    Jika berkanan silahkan kunjungi blog kami juga :
    Berbagai khasiat yang dimiliki oleh Susu Kambing Etawa .

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas informasi yang telah anda bagikan,semoga bermanfaat.saya akan memberikan sedikit informasi tentang standar air minum yang anda anda konsumsi,dan dari mana anda dapat memperoleh sumber mata air gunung salak yang telah memenuhi standar air laik minum.Disini saya juga membagikan info tentang air kesehatan, air terapi, yaitu dengan mengkonsumsi kangen water Bagi anda yang memiliki bisnis depot air minum isi ulang perlu crmat dalam memilih bahan baku isi ulang untuk usaha anda.

    ReplyDelete

  3. Artikel yang bagus dan menarik min, jika diperbolehkan maka jawablah pertanyaan ini. Banyak Manfaat air putih yang dapat kita peroleh, untuk yang mengalami Asam lambung
    apakah dapat diatasi dengan air putih untuk menetralisir kandungan asam lambung yang berlebih? Terima Kasih….

    ReplyDelete