11 Mitos Mengenai Keberadaan Mahluk Halus di Indonesia


Dari gue masih kecil, udah banyak sekali mitos tentang mahluk halus atau hantu yang sering gue dengar dari cerita teman-teman gue, maupun dari orang dewasa. Sebenarnya gue belum terlalu percaya sama mitos-mitos beginian. Tapi yang buat gue bingung, kenapa mitos yang kebenarannya belum tentu benar ini bisa sampai dikenal dari nenek moyang sampai sekarang? Apa memang mitos ini sungguhan? Gue gak tahu juga, tapi kembali ke diri sendiri untuk mempercayai mitos ini atau tidak. Jadi ini adalah 10 mitos yang gue sering ketahui:

1. Anjing Peliharaan yang Melong-long Saat Lewat Tengah Malam
Ini yang paling sering gue dengar, katanya kalau anjing peliharaan melong-long (berteriak panjang bukan menggong-gong) saat lewat tengah malam, konon katanya sedang ada mahluk halus yang lagi gentayangan dan berkeliaran disekitar rumah kita. Hihi seram ya?

2. Mengklakson atau Berdehem “Ehem!” Sebanyak 3x Bila Sedang Melewati Persimpangan Empat, Jembatan dan Kuburan Saat Malam Hari
Yang ini juga sering gue dengar dari cerita orang-orang. Konon kalau kita mau melewati perempatan, jembatan atau kuburan di malam hari, kita harus meminta izin lewat sama mahluk halus penunggu tempat tersebut, dengan cara mengklakson atau berdehem sebanyak 3x. Agar supaya kita bisa ngelewati tempat itu dengan aman. Tapi katanya kalau kita gak minta izin saat lewat sana, maka kita bisa kena musibah, antara lain kendaraan kita bisa mogok secara tiba-tiba, ada yang menumpangi kendaraan kita atau kita bisa terjatuh (kalau mengendarai sepeda motor).

3. Mengadakan Syukuran Sebelum Menempati Tempat Baru
Kalau yang ini gue ragu antara beneran atau tidak. Soalnya dulu ada rekan kerja orang tua gue yang mengontrak rumah baru untuk digunakan sebagai kantor di dekat rumah gue. Waktu itu rekan kerja ortu gue ini belum ngadain syukuran di rumah itu, dan jadinya katanya dia gangguin terus sama penunggu tempat itu, seperti dengar suara-suara aneh gitu di malam hari dsb. Bahkan pernah sekali rekan kerja ortu gue ini diikutin sampai ke rumahnya sama penunggu tempat itu. Kebayang gak tuh gimana seramnya hihi? Nah, gara-gara itu, akhirnya diadain deh syukuran di tempat tersebut untuk meminta izin kepada mahluk halus penunggu rumah., dan sampai sekarang udah gak ada lagi yang gangguin orang-orang yang kerja disana.

4. Tanaman Angker yang Di Tempati Mahluk Halus
Kalau tentang tanaman angker, gue yakin anda pasti udah pada tahu. Gara-gara gue tahu mitos ini, sampai sekarang, gue jadi agak takut ngelewatin tanaman-tanaman tersebut kalau malam hari. Konon tanaman-tanaman yang dibilang sering dihuni mahluk halus itu adalah: Pohon beringin, pohon sukun, pohon ara, pohon, kapuk, pohon pepaya, pohon pisang, pohon belimbing wuluh, pohon asem, pohon sawo, pohon nangka dan bambu.

5. Bermain Petak Umpet Saat Hari Sudah Mahgrib/Senja
Mitos ini udah gue kenal saat gue masih kecil. Konon menurut cerita yang gue dengar, kalau anak-anak main petak umpet saat hari sudah mahgrib/senja, anak-anak tersebut bisa diculik sama Wewe Gombel. Hahaha gue gak tau ini beneran atau gak, atau cuman cerita seram yang orang tua ceritakan ke anaknya supaya gak main keluar rumah kalau hari udah mulai gelap/malam.

6. Membuat Rumah Kecil Jauh Terpisah Di Belakang Rumah Utama
Menurut cerita yang gue dengar, jangan membuat rumah kecil yang jauh terpisah di belakang dari rumah utama, kecuali kalau memang tempat itu ada yang menempati. Karena jika tempat itu gak ada yang menempati, maka tempat tersebut akan dihuni oleh mahluk halus.

7. Menempati Rumah Di Ujung Jalan Buntu
Kalau mitos yang ini, gue sering dengar dari teman-teman gue yang tinggal di perkomplekan atau rumahnya berada di dalam gang. Katanya, kalau ingin menempati rumah di komplek atau gang, jangan menempati rumah yang berada di ujung jalan buntu. Karena tempat tersebut paling senang dihuni oleh mahluk halus.

8. Foto Bertiga atau Dengan Jumlah Ganjil
Kalau yang mitos satu ini gue yakin pasti anda udah pada tahu semua. Konon jika foto bertiga atau dengan jumlah ganjil, maka bisa ada mahluk halus yang akan ikut berfoto dalam foto tersebut, dan itu baru dapat diketahui saat melihat hasil fotonya. Kalau beneran terjadi, katanya foto tersebut harus dimusnahkan secepatnya, agar tidak terjadi musibah. Dan mitos selain itu mengatakan, jika foto bertiga atau berjumlah ganjil, dapat menyebabkan orang yang paling muda atau yang ditengah meninggal.

9. Memainkan Cahaya Senter Ke Langit Saat Malam
Mitos yang ini gue kenal saat gue pertama kali ikut kegiatan kemah di sekolah. Kata guru gue, saat malam hari, jangan memainkan cahaya senter ke langit. Konon katanya hal itu akan mengundang mahluk halus yang menghuni di sekitar daerah tersebut.

10. Bau Harum/Amis Di Sekitar yang Tidak Jelas Sumbernya
Untuk mitos yang satu ini, gue gak bisa bilang kalau ini mitos. Karena menurut cerita dan pengalaman teman-teman gue, ini merupakan salah satu pertanda kalau mahluk halus berada di dekat kita. Konon jika tercium bau harum bunga kamboja atau bau amis yang gak jelas sumbernya. Itu dapat dikatakan, bahwa ada mahluk halus sedang berada di dekat kita.

11. Bersiul Saat Hari Sudah Mahgrib/Senja 
Mitos yang selalu diceritakan oleh kakek/nenek kepada cucu-cucunya, janganlah bersiul saat hari mulai sudah mulai mahgrib/senja. Konon, jika bersiul saat hari mulai gelap, maka siulan tersebut dapat mengundang mahluk halus, seperti salah satunya adalah Kemangmang. Atau mungkin aja mitos ini diceritakan supaya para kakek dan nenek gak terganggu saat hari mulai malam oleh siulan cucu-cucunya hahaha.




Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment