5 Tips Mengatasi Perasaan Hampa


Malam semuanya, gak kerasa liburan sekolah gue udah mau selesai. Gak tau kenapa otak gue jadi mikir yang macam-macam, soalnya setelsah liburan gue udah kelas 3 SMA, bingung mau kuliah dimana. Ujung-ujungnya otak gue jadi panas, dan bikin gue jenuh beberapa hari ini. Parahnya lagi, gue terbayang-bayang  sama masalah kehidupan dewasa yang udah menanti gue. Dan saat itu gue ngerasa hampa pada diri gue.

Oke, anda semua pasti udah tahu gimana perasaan hampa itu kan? Perasaan hampa alias kosong ini rasanya seperti ada yang hilang di dalam diri gue, gue gak tau mau ngapain *mungkin bosen. Intinya rasanya gak menenangkan, kayak gue mau ngelakuin sesuatu tapi gak tau mau ngelakuin apa, dan itu nyiksa diri gue banget! *alay

Mungkin ini salah satu proses menjadi lebih dewasa dari remaja ingusan. Walaupun umur gue udah 17 tahun, tapi tetap sifat gue masih agak alay, walaupun gue udah berusaha untuk bersifat dewasa. Kata teman gue yang udah kuliah itu hal yang biasa. Kata Raditya Dika juga dari proses menuju kedewasaan harus ngelewatin masa-masa alay. Jadi apa hubungannya hampa sama alay? Maafkan gue yang ngelantur ini.

Back to the topic, perasaan hampa ini suatu saat akan nyerang seseorang dalam waktu yang gak diketahui, terutama anak muda yang masih rawan dengan galau. Perasaan hampa ini terkenal juga dengan nama "Syndrome Kesepian". Jadi kalau anda lagi kena ini, gimana cara ngatasinnya? Tenang, gue menemukan beberapa tips sederhana.

Untuk mengatasi perasaan hampa, sebelumnya kita harus tau apa penyebabnya, kenapa hal itu bisa terjadi. Setelah gue bertapa di kamar sambil dengear lagu galau, gue menemukan beberapa penyebabnya:
1. Kesepian
2. Belum ada tujuan hidup (pending)
3. Baru kehilangan sesuatu yang berharga
4. Berharap sesuatu yang mustahil
5. Gak terpenuhinya rasa hasrat (cinta)
6. Berada di tempat yang hampa (sepi)
Jadi itu adalah beberapa penyebabnya. Kalau dari penyebabnya, ada berapa cara buat ngatasin perasaan hampa ini:
1. Carilah teman atau saudara untuk nemenin anda ngobrol, bermain dll
2. Cari pacar buat ngisi hati anda yang hampa
3. Lakukan hal-hal yang seru yang gak bikin anda bosan
4. Cari tujuan hidup yang baru
5. Berdoa
Gitu aja deh tipsnya, kata terakhir dari gue buat mengakhiri posting ini "Selamat Bersekolah!".




Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment