5 Tips Memilih Headphones/Headset


Gue udah sering ngelihat orang yang bingung memilih headphone/headset yang bagus untuk digunakan saat  ngedengerin musik. Tapi dari segala macam bentuk, harga, merk, orang pastinya bingung memilih headphone yang pas untuk dipakai. Gue juga pernah mengalami pengalaman yang sama, sebenarnya ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat mau membeli headphone.

Langsung aja gue kasih tipsnya, jadi bagi yang pengen beli headphone/headset bisa mendapatkan sesuai keinginan:

1. Budget
Sebelum membeli headphone/headset, anda harus memperhatikan budget alias keuangan anda. Sehingga anda bisa memilih headphone/headset yang sesuai dengan budget anda. Anda bisa search di internet mengenai harga dan spesifikasi headphone yang ingin anda beli, lalu bandingkan dengan budget anda.

2. Bentuk dan style headphone

Ada beberapa macam bentuk headphone, jadi sebelum anda memilih anda pikirkan baik-baik bentuk headphone seperti gimana yang mau dibeli. Ada 3 macam headphone yaitu over ear (model headphone/ speaker menutupi seluruh telinga), earbuds (model headphone/ speaker menempel di lubang telinga tapi tidak masuk) dan in ear(model earphone / speaker yang masuk ke lubang telinga).

3. Kegunaan headphone

Anda juga harus menentukan headphone jenis apa dengan dengan selera musik yang anda suka. Seperti lagu metal, hip hop cocok dengan headphone tipe Warm (output suara cenderung bass, suara bass jedag jedug, suara agak kecil). Aliran rock, klassik cocok dengan Bright (output suara cenderung treble) atau Natural (treble dan bass seimbang) dsb.

4. Spesifikasi headphone
a. Frekuensi
Kemampuan headphone dalam merespon frekuensi gelombang suara. Contoh: 6.000 Hz - 28.000 Hz. Headphone yang bagus memiliki rentang frekuensi yang besar, semakin lebar rentangnya semakin baik. Semakin rendah frekuensi bawahnya semakin baik karena headphone bisa memperdengarkan suara-sauara berfrekuensi rendah. Selain itu semakin tinggi frekuensi atasnya semakin baik. Mungkin aja ada beberapa suara yang tidak terdengar selama ini jadi muncul.

b. Impedance (hambatan)
Untuk Impedance, semakin besar itu belum tentu semakin baik atau sebaliknya. Namun dapat disesuaikan dengan selera kita. Biasa-nya Headphone memilki impedance >= 32 ohm.

c. Sensitifitas
Sensitifitas headphone ditunjukan oleh tuliasn SPL (Sound Pressure Level) dalam satuan mW (mili Watt) atau kalau di kemasannya langsung ditulis desiBel. Contoh: 114 dB. Dari sini kita bisa mengetahui seberapa keras suara yang dapat dikeluarkan oleh sebuah headphone. Semakin besar angkanya semakin keras suaranya, jadi gak perlu ngebesarin volume player kita. Tapi tetap harus hati-hati karena dengan angka yang besar bisa menggangu fungsi pendengaran kita bahkan kerusakan pendengaran secara permanen. Amannya, carilah headphone yang memiliki sensitifitas < 85dB. Tapi kebanyakan sekarang di pasaran sensitifitas headphone adalah > 100 dB.

5. Toko Resmi
Yang terakhir sebelum membeli headphone/headset carilah toko resmi yang menjual headphone yang asli dan bergaransi. Jangan membeli di BM alias Black Market, walaupun harga murah, kualitas belum tentu terjamin serta garansi beum tentu ada, tapi enaknya beli di BM bisa tawar menawar.





Artikel Lainnya:

25 comments:

  1. tips nya sangat membantu mas, trims ya....

    ReplyDelete
  2. Wah lengkap infonya.makasih :D

    ReplyDelete
  3. Thank you postingannya mas..straight to the point,esensi,ga neko2 :D

    ReplyDelete
  4. akhirnya saya jd tau fungsi dari istilah fitur headset itu sendiri

    ReplyDelete
  5. Thanks brother atas share nya, sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  6. Postingan-nya bagus gan, semoga maju terus

    ReplyDelete
  7. Jadi dapet referensi nih buat nulis soal masalah ini, makasih banyak mas.

    ReplyDelete
  8. Kalo headset gaming cocok ga buat dengar full musik handphone, soalnya harganya terjangkau, tapi spesifikasi lumayan gan
    Gmna menurut agan

    ReplyDelete
  9. Misi gan, izin share ya...

    A455LN-WX030D Graphic
    Price Rp 4.499.000

    Spesifikasi :

    Prosessor : Core i7-5500U - Up to 3GHz
    Memory : 4GB
    Hardisk : 1TB
    DVD-RW
    Layar : 14”
    VGA : GeForce GT 840M 2GB
    Bluetooth

    Kunjungi website kami untuk produk lainnya

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih.... :)

    ReplyDelete
  10. Gan numpang tanya kira2 headphone HK extreme bass sama Sony mdr zx110ap masih mantepanamantepanana bassnya?soalnya pas saya nyobain yg HK extreme bass nya kecil banget

    ReplyDelete
  11. Kira2 headset merk apa yg bgus untuk hp samsung buat karokean

    ReplyDelete
  12. Kalo speaker ada yg aktive,ada yg tau handphone ada ga yg aktive??terimakasih

    ReplyDelete
  13. Mau nanya Gan itu yang Sensitivty buat apa gan? Biar apa?

    ReplyDelete