Tolak SOPA/PIPA!



Apa sih SOPA/PIPA itu?
SOPA = Stop Online Piracy Act
PIPA = Protect IP Act 
Ini merupakan Undang-undang yang baru diusulkan oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) yang berguna untuk menghentikan pembajakan secara online, pencurian konten, dan duplikasi hak cipta kekayaan intelektual. Jadi tujuan UU ini untuk melindungi hak cipta materi internet seperti video, musik, software dan semua barang digital dari pembajakan.

Jadi menurut anda apa UU ini bagus dan pantas untuk diterapkan? Jawabannya adalah TIDAK! Kenapa? Dengan disahkannya UU SOPA/PIPA ini, website-website yang mengandung konten hak cipta akan segera diblokir oleh pemerintah AS dan gak bisa digunakan lagi, serta pengguna internet yang melanggar UU ini akan dipenjara minimal 5 tahun.

*Loh, kan bagus kalau website yang melanggar hak cipta diblokir? 
Coba kita pikirkan lagi, website seperti apakah yang mengandung konten hak cipta itu? Gue akan memberi contoh yang simpel aja, yaitu blog ini. Jika SOPA/PIPA disahkan, maka mohon maaf blog ini akan segera ditutup.

*Kok ditutup?
Soalnya blog ini telah mengandung konten hak cipta seperti Software, Game dan Gambar yang bukan milik gue. Jadi secara otomatis setelah UU itu disahkan, blog ini akan segera diblokir oleh pemerintah AS.

Kan SOPA/PIPA hanya berlaku di AS, bukan di Indonesia?
Emang begitu, tapi apakah hosting blog seperti Blogger dan Wordpress berasal dari Indonesia? Jadi otomatis blog yang mengunakan hosting Blogger/Wordpress akan ikut terjerat UU SOPA/PIPA ini. Jadi bukan hanya blog gue aja, blog lain yang mengandung konten hak cipta akan segera diblokir!.

Parahnya lagi, bukan hanya blog pribadi aja. Website besar seperti Google, Wikipedia, Facebook, Twitter, Youtube, ThePirateBay dll akan diblokir, karena mengandung konten hak cipta, seperti video ilegal, gambar ilegal dll. Bukan hanya warga AS aja yang akan merasakan efeknya, tapi seluruh orang di dunia. Coba bayangkan Google, Twitter, Facebook, Youtube, Wikipedia diblokir. Apa yang akan kita lakukan? Gue bilang, ini akan menjadi hari kiamat untuk Internet.
Beberapa contoh kasus sederhana yang dapat terjerat UU SOPA/PIPA:
- Saat seorang penonton konser merekam penampilan idolanya lewat ponsel lalu menguploadnya ke Youtube tanpa izin distributor atau pemegang hak cipta, menurut RUU tersebut YouTube dianggap memfasilitasi pelanggaran hak cipta. Konsekuensinya Youtube harus di-block dan ditutup, dan si uploader dipidanakan.

- Seorang ayah merekam bayinya menari-nari dengan diiringi musik Justi Bieber, lalu diupload ke Youtube tanpa izin distributor atau pemegang hak cipta. Tentu saja konsekuensinya  Youtube harus di-block dan ditutup. Dan uploader dipidanakan.
- Seseorang mengupload sebuah software cracked tanpa izin distributor dan pemegang hak cipta. Otomatis konsekuensinya ThePirateBay akan diblokir dan uploader dipidana. 

UU ini mendapat tanggapan negatif dari warga negara Amerika, bahkan seluruh dunia. Website besar seperti Google, Wordpress, Wikipedia, Facebook, Mozilla, Twitter, Boingboing, The Huffington Post, Electronic Frontier Foundation (EFF), Dinosaur Comics, Craiglist, Consumer Electronic Association (CEA), Reddit ikut berpartisipasi dalam penolakan SOPA/PIPA ini.

Apa yang terjadi jika RUU ini diberlakukan?

  • Dengan RUU ini sangat memungkinkan pemerintahan AS untuk memblokir warga amerika yang mengakses situs-situs yang melanggar hukum

  • Pemblokiran DNS akan digunakan untuk menyensor dan memblokir situs web di Amerika Serikat

  • Dengan metode yang sama akan diikuti oleh negara-negara seperti Cina, Iran, dan Suriah

Apakah akibatnya setelah RUU ini berlaku pada seorang webmaster atau pembuat website ?

  • Jika situs anda kena kasus, situs Anda akan diblokir dan situs anda tidak akan menerima pengunjung dari Amerika Serikat

  • Penghasilan website yang mayoritas berasal dari USA dan Kanada - nantinya akan hilang

  • Dengan RUU ini akan membatasi masyarakat Amerika Serikat yang hanya bisa melihat dan mendengar tentang sesuatu hal yang disukai oleh pemerintah Amerika Serikat.

Bagaimana proses kerja dari SOPA ini ?

  • Pemerintah akan memerintahkan kepada semua penyedia layanan internet (ISP) di Amerika Serikat untuk memblokir semua situs dari negara-negara asing yang kontennya seperti gambar, teks atau video ilegal atau melanggar hak cipta.

  • Pemerintah akan memerintahkan kepada Mesin Pencarian (search engine) untuk memodifikasi hasil dari pencarian user yang sesuai dengan ketentuan hukum.

  • Pemerintah akan memerintahkan penyedia layanan pembayaran seperti PayPal untuk menutup rekening dari pemilik situs yang telah melanggar hukum.

  • Lembaga penyensor akan mengekpresikan secara bebas untuk mengendalikan sesuai ketentuan hukum.

  • Singkatnya, dunia akan dikontrol melalui internet dan nantinya tidak akan mudah bisa menemukan informasi seperti di hari ini secara bebas tanpa ada batasan pelanggaran hukum.

Bagaimana ceritanya website kita akan di diblokir DNS-nya?

  • User bisa saja memposting sebuah link atau konten ilegal dan akhirnya situs Anda akan diblokir

  • Jika tidak segera mengambil tindakan untuk membersihkan, website Anda akan diblokir karena tidak tanggap dalam mengantisipasi pemblokiran itu.

  • Quote dan kutipan kata akan dianggap sebagai duplikat konten yang juga ditemukan di situs/tempat lain

  • Setiap situs internet yang melanggar hak cipta akan dieksekusi di/dari Amerika Serikat.

Jika ingin lebih tau mengenai UU SOPA/PIPA ini sedetailnya anda bisa berkunjung ke http://americancensorship.org/infographic.html.

Sudah banyak sekali orang-orang yang merasa keberatan dengan UU ini, mulai dari pengguna internet umum, perusahaan-perusahaan Internet dan ISP menentang disahkannya SOPA ini. Pendukung Anti-SOPA sudah mencapai 4,5 juta lewat Google. Kalau mau ikut mendukung penolakan SOPA/PIPA silahkan datang ke https://www.google.com/landing/takeaction/ .
Bukti lain bahwa UU SOPA/PIPA akan memberikan dampak buruk: 
Pada awalnya, GoDaddy.com merupakan salah satu perusahaan besar yang mendukung SOPA. Setelah menyatakan dukungannya terhadap SOPA, GoDaddy.com menerima ancaman akan terjadinya pemboikotan dari para pemilik website yang juga bagian dari konsumen layanannya di GoDaddy.com. 

Jimmy Wales, pendiri Wikipedia secara terbuka ngetweet dan mengatakan bahwa mereka akan bangga untuk memindahkan semua domain mereka menjauh dari GoDaddy.com dan hal yang sama akan diikuti sebagai pemboikotan besar-besaran dalam satu hari, sebanyak 21.000 nama domain dari GoDaddy.

Bahkan ada situs muncul untuk mempromosikan kegiatan pemboikotan GoDaddy.com seperti ByeDaddy.com dan Godaddyboycott.org 

Akhirnya drama ini berakhir setelah GoDaddy secara terbuka mengumumkan bahwa mereka menarik dukungan kepada SOPA. Selengkapnya silahkan baca disini.

Masih berpikir SOPA/PIPA gak berbahaya bagi pengguna internet? Gue akan memberikan beberapa dampak secara garis besar jika SOPA/PIPA disahkan.

  • Banyak blog atau situs yang akan ditutup dikarenakan penggunaan misalnya logo, foto ataupun media lain yang diklaim oleh sang pemilik.

  • Situs-situs web service dan sosial media seperti Multiply, Facebook, YouTube, rapid*share, Twitter, Flickr, dll akan mengalami banyak masalah dan dituntut karena konten-konten yang dikontribusi oleh publik akan disaring dan disensor secara ketat.

  • Inovasi dan perkembangan teknologi dari Internet akan melambat karena perusahaan-perusahaan baru harus dapat memenuhi standar dari SOPA dan PIPA.

*Blog, Multiply, Facebook, Youtube, Twitter diblokir???
Sesuai dengan tujuan SOPA, yakni untuk menghentikan pembajakan atau hal-hal yang merugikan pemegang hak cipta, maka hal tersebut akan berpengaruh sangat besar terhadap apa yang terkandung di dunia internet saat ini.

Salah satu contoh bila SOPA jadi diterapkan adalah pihak pemerintah Amerika Serikat berhak untuk memblokir atau bahkan menghapus website/blog yang (dipandang) melanggar hak cipta (copyright).

Mereka (USA) berhak untuk menginstruksikan semua layanan yang masih bernaung pada undang-undang mereka, seperti layanan hosting, registrant (penyedia layanan domain), layanan pembayaran online seperti Paypal, dan bahkan layanan mesin pencari untuk memutus akses atau kontak kepada website/blog yang dipandang melanggar hak cipta.

Ingat bahwa hak cipta di sini bukan hanya konten bajakan, semisal videoklip musik, lagu, atau software. Ini juga mencakup produk fisik yang dianggap melanggar, misalnya mainan anak-anak versi "kw".

Ini hanya contoh, tetapi mungkin bisa jadi ilustrasi dampak SOPA. Misalnya, di forum jual beli sebuah komunitas terbesar di Indonesia atau toko online terbuka lainnya terdapat penjual produk bajakan.

Lewat SOPA, situs tersebut bisa dilarang berbisnis dengan AS. Dengan demikian, iklan (seperti Google Ads atau lainnya) tak akan muncul di situs tersebut.

Skenario itu tentunya bisa berdampak, baik bagi mereka yang menggunakan layanan seperti PayPal di situsnya, maupun yang mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan AdSense dan sejenisnya.

Bukan cuma Jimmy Whales aja. Pendiri Facebook Mark Zuckerberg ikut angkat bicara mengenai SOPA/PIPA ini melalui status Facebooknya. Ini dia picnya:


Selain itu, Mark juga ngetweet setelah 3 tahun tidak membuka Twitternya. Ini dia tweetnya:
Tell your congressmen you want them to be pro-internet. My Facebook post is here: https://www.facebook.com/zuck/posts/10100210345757211
Mark juga mendorong pengguna Facebook untuk lebih mengerti tentang SOPA/PIPA, silahkan baca disini.

Dan pada tanggal 18 Januari 2012, 10 situs di internet telah melakukan blackout sebagai protes terhadap SOPA/PIPA, silahkan baca disini 


*Apakah SOPA/PIPA akan berpengaruh ke Indonesia?
Tentu saja, dengan undang-undang tersebut, maka pemerintah AS berhak menuntut situs untuk menghapus konten-konten yang menurut mereka ilegal atau situs tersebut akan diblok (melalui ISP setempat), sehingga pengguna tidak bisa membuka lagi situs kesayangannya. Secara garis besar, SOPA dan PIPA jika disetujui hanya akan berlaku di AS dan tidak di negara lain. TETAPI, jika ada yang menggunakan server-server di Amerika Serikat untuk hosting website, tentunya konten-konten website tersebut akan masuk ke dalam juridiksi hukum di sana. Memang secara langsung, SOPA dan PIPA ini tidak mempengaruhi jaringan internet di Indonesia. Namun, bisa dibayangkan untuk kita yang sehari-hari menggunakan service-service sosial media seperti Multiply, Facebook, Google, Twitter, YouTube, dan lain-lain; kebanyakan website-website ini akan menjadi target sasaran dari SOPA dan PIPA. Penggunaan internet bisa dipastikan akan berubah jika SOPA dan PIPA diluluskan.

Sederhananya, karena memang nyatanya di internet banyak situs (di luar AS) yang menyimpan konten-konten, parlemen AS mencari cara agar bisa melarang keberadaan situs semacam itu dan mengekang apa yang disebut kebebasan internet, karena sebenarnya SOPA dan PIPA bisa berdampak lebih luas dari sekedar pelarangan konten-konten. Teknisnya, apabila situs tersebut di luar Amerika, maka penyedia jasa layanan internet (ISP) diwajibkan memblokir akses ke situs
Silahkan melihat video tentang SOPA/PIPA dan dampaknya: PROTECT IP / SOPA Breaks The Internet from Fight for the Future on Vimeo.
Gimana? Masih ingin SOPA/PIPA disahkan dan membiarkan internet dikuasai oleh hukum AS yang gak mementingkan pengguna internet di dunia? Bila Anda masih menginginkan kebebasan , Anda harus mendukung sebuah PETISI. Ayo, dukung aksi Tolak SOPA/PIPA dengan cara memberi sebuah petisi di http://americancensorship.org/ atau http://www.avaaz.org/en/save_the_internet atau http://sopastrike.com/.

Jika anda pengguna Wordpress, anda bisa melakukan penolakan SOPA/PIPA melalui artikel dari Wordpress disini http://wordpress.org/news/2012/01/help-stop-sopa-pipa/
Internet merupakan tempat bisnis berkembang, tempat orang saling berkomunikasi dan bertemu orang baru, tempat orang berkreasi, tempat saling berbagi, tempat ilmu pengetahuan gratis. Internet adalah internet, internet bukan milik siapa-siapa, tapi Internet untuk semuanya.
Mulailah dari diri sendiri, hilangkan pikiran "ah, gue cuma orang biasa, mana ngaruh sama keputusan AS". Ingat! Pengguna internet bukan cuma di AS, tapi di seluruh dunia, dan Indonesia menduduki peringkat ke-4 dalam daftar pengguna internet di dunia. Ayo! kita pasti bisa, berikan suara anda untuk menolak SOPA/PIPA sebelum 24 JANUARI 2012.

UPDATE 20 JANUARI 2012! SITUS MEGAUPLOAD TELAH RESMI DITUTUP KARENA DIANGGAP MENGANDUNG BANYAK KONTEN ILEGAL!


Ini salah satu dampak jika SOPA/PIPA disahkan.Ya betul, Megaupload tempat favorit pengguna internet untuk download game, software, musik dll telah resmi ditutup oleh "Feds" alias FBI.  Info selengkapnya disini .
Setelah Megaupload ditutup. Anonymous, sebuah grup hacker beraksi dengan menyerang DOJ, Universal Sites, selengkapnya disini. Sebelum SOPA/PIPA disahkan aja udah kayak ini, apalagi kalau disahkan?  Karena itu STOP SOPA/PIPA!!

UPDATE 20-1-2012! INI DIA SITUS-SITUS YANG MENDUKUNG DAN MENOLAK KEBIJAKAN SOPA/PIPA:


Situs yang mendukung SOPA/PIPA

  1. 60 Plus Association

  2. ABC

  3. Alliance for Safe Online Pharmacies (ASOP)

  4. American Bankers Association (ABA)

  5. American Federation of Musicians (AFM)

  6. American Federation of Television and Radio Artists (AFTRA)

  7. American Society of Composers, Authors and Publishers (ASCAP)

  8. Americans for Tax Reform

  9. Artists and Allied Crafts of the United States

  10. Association of American Publishers (AAP)

  11. Association of State Criminal Investigative Agencies

  12. Association of Talent Agents (ATA)

  13. Beachbody, LLC

  14. BMI

  15. BMG Chrysalis

  16. Building and Construction Trades Department

  17. Capitol Records Nashville

  18. CBS

  19. Cengage Learning

  20. Christian Music Trade Association

  21. Church Music Publishers’ Association

  22. Coalition Against Online Video Piracy (CAOVP)

  23. Comcast/NBCUniversal

  24. Concerned Women for America (CWA)

  25. Congressional Fire Services Institute

  26. Copyhype

  27. Copyright Alliance

  28. Coty, Inc.

  29. Council of Better Business Bureaus (CBBB)

  30. Council of State Governments

  31. Country Music Association

  32. Country Music Television

  33. Creative America

  34. Deluxe

  35. Directors Guild of America (DGA)

  36. Disney Publishing Worldwide, Inc.

  37. Elsevier

  38. EMI Christian Music Group

  39. EMI Music Publishing

  40. Entertainment Software Association (ESA)

  41. ESPN

  42. Estée Lauder Companies

  43. Fraternal Order of Police (FOP)

  44. Gospel Music Association

  45. Graphic Artists Guild

  46. Hachette Book Group

  47. HarperCollins Publishers Worldwide, Inc.

  48. Hyperion

  49. Independent Film & Television Alliance (IFTA)

  50. International Alliance of Theatrical and Stage Employees (IATSE)

  51. International AntiCounterfeiting Coalition (IACC)

  52. International Brotherhood of Electrical Workers (IBEW)

  53. International Brotherhood of Teamsters (IBT)

  54. International Trademark Association (INTA)

  55. International Union of Police Associations

  56. L’Oreal

  57. Lost Highway Records

  58. Macmillan

  59. Major County Sheriffs

  60. Major League Baseball

  61. Majority City Chiefs

  62. Marvel Entertainment, LLC

  63. MasterCard Worldwide

  64. MCA Records

  65. McGraw-Hill Education

  66. Mercury Nashville

  67. Minor League Baseball (MiLB)

  68. Minority Media & Telecom Council (MMTC)

  69. Motion Picture Association of America (MPAA)

  70. Moving Picture Technicians

  71. MPA – The Association of Magazine Media

  72. National Association of Manufacturers (NAM)

  73. National Association of Prosecutor Coordinators

  74. National Association of State Chief Information Officers

  75. National Cable & Telecommunications Association (NCTA)

  76. National Center for Victims of Crime

  77. National Crime Justice Association

  78. National District Attorneys Association

  79. National Domestic Preparedness Coalition

  80. National Football League

  81. National Governors Association, Economic Development and Commerce Committee

  82. National League of Cities

  83. National Narcotics Offers’ Associations’ Coalition

  84. National Sheriffs’ Association (NSA)

  85. National Songwriters Association

  86. National Troopers Coalition

  87. News Corporation

  88. Pearson Education

  89. Penguin Group (USA), Inc.

  90. Pharmaceutical Research and Manufacturers of America (PhRMA)

  91. Pfizer, Inc.

  92. Provident Music Group

  93. Random House

  94. Raulet Property Partners

  95. Republic Nashville

  96. Revlon

  97. Scholastic, Inc.

  98. Screen Actors Guild (SAG)

  99. Showdog Universal Music

  100. Sony/ATV Music Publishing

  101. Sony Music Entertainment

  102. Sony Music Nashville

  103. State International Development Organization (SIDO)

  104. The National Association of Theatre Owners (NATO)

  105. The Perseus Books Groups

  106. The United States Conference of Mayors

  107. Tiffany & Co.

  108. Time Warner

  109. True Religion Brand Jeans

  110. Ultimate Fighting Championship (UFC)

  111. UMG Publishing Group Nashville

  112. United States Chamber of Commerce

  113. United States Olympic Committee

  114. United States Tennis Association

  115. Universal Music

  116. Universal Music Publishing Group

  117. Viacom

  118. Visa Inc.

  119. W.W. Norton & Company

  120. Wallace Bajjali Development Partners, L.P.

  121. Warner Music Group

  122. Warner Music Nashville

  123. Wolters Kluewer Health

  124. Word Entertainment

Situs yang menolak SOPA/PIPA

  1. 4chan

  2. AOL

  3. Boing Boing

  4. CloudFlare

  5. Craigslist

  6. Creative Commons

  7. Daily Kos

  8. Disqus

  9. Doxie Lovers Club

  10. eBay

  11. Embedly

  12. ESET

  13. Etsy

  14. Facebook

  15. Free Press

  16. Foursquare

  17. Github

  18. Google

  19. Good Old Games

  20. Grooveshark

  21. Hostgator

  22. Hype Machine

  23. ICanHasCheezburger

  24. Kickstarter

  25. Kaspersky

  26. LinkedIn

  27. Linode

  28. MediaTemple

  29. Mozilla

  30. MoveOn

  31. MetaFilter

  32. Namecheap

  33. OpenDNS

  34. O’Reilly Radar

  35. paypai

  36. Petzel

  37. Quora

  38. Rage Maker

  39. Red 5

  40. Reddit

  41. Scribd

  42. StackExchange (Stack Overflow)

  43. Square

  44. Techdirt

  45. The Huffington Post

  46. Torrentfreak

  47. Tumblr

  48. Tucows

  49. Twitter

  50. Twitpic

  51. TechCrunch

  52. Wikipedia

  53. Yahoo!

  54. YCombinator

  55. Zynga

Situs yang mulanya mendukung, tetapi akhirnya menarik dukungannya dan menentang SOPA/PIPA

  1. Business Software Alliance (Incl. Apple, Microsoft, Adobe Systems, Intel & more)

  2. Electronic Arts

  3. Sony Electronics

  4. Nintendo

  5. GoDaddy

UPDATE 21-1-2012! RUU SOPA TELAH DITARIK! Selengkapnya baca Klik disini!


Sumber:
http://clubbing.kapanlagi.com/threads/119233-Apa-itu-SOPA-dan-apa-akibat-akibatnya
http://lingkarmerah.blogspot.com/2012/01/apa-itu-sopa-dan-pipa.html
http://www.berita-ane.com/2012/01/apa-itu-sopa-dan-pengaruhnya-untuk.htmlhttp://tekno.kompas.com/read/2012/01/19/19533419/Mark.Zuckerberg.Tolak.SOPA.dan.PIPA.Lewat.Status.Facebook
http://articles.businessinsider.com/2012-01-18/tech/30638159_1_facebook-ceo-mark-zuckerberg-sopa
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12606849





Artikel Lainnya:

9 comments:

  1. Jangan Support SOPA/PIPA!!! Dan Cari Cara untuk menghentikan dengan cara ngisi petisi di atas. Jangan biar mereka memblokir website - website favorite kita.

    ReplyDelete
  2. Mari kita kecam bersama UU SOPA dan PIPA ini. Karena dampaknya yang cukup membabibutakan "dunia maya". :)

    ReplyDelete
  3. ayo!! hentikan UU SOPA dan PIPA diterapkan!!

    ReplyDelete
  4. ameraika amerika... selalu bikin ulah untuk menguasai dunia.
    saya juga sangat menolak usulan amerika ini karena akan mematikan penghasilan saya, yang pasti ulasan yang ada diatas adalah benar!

    ReplyDelete
  5. ya mentang2 negara besar bisa seenaknya buat kayak gtu. Gak patut dicontoh

    ReplyDelete
  6. SOPA/PIPA cuma UU yg ngerusak dunia internet dgn isinya!!!

    ReplyDelete
  7. saya udah pasang gan, makasi yah atas infonya, eh jangan lupa follow back ya, salamkenal gan..

    ReplyDelete
  8. Thanks for the good writeup. It in truth was a amusement account it. Glance complicated to far delivered agreeable from you! By the way, how can we keep in touch?

    ReplyDelete
  9. Hello There. I discovered your blog the use of msn. This is an extremely well written article. I will be sure to bookmark it and come back to learn more of your helpful info. Thanks for the post. I will certainly comeback.

    ReplyDelete