5 Tips Menghadapi Komentar Negatif di Blog


Posting kali ini gue mau bahas tentang cara menghadapi komentar negatif di blog atau di website manapun. Sebelumnya, anda semua pasti pernah menerima kritik yang cukup pedas di mata saat berada di dunia online, ya itu sudah biasa. Tapi kebanyakan orang belum terbiasa atau gak tahu cara mengahadapi komentar pedas seperti itu.

Biasanya komentar negatif yang sering kita terima itu dapat menyakiti perasaan *kalau gue bilang menusuk hati. Soalnya kebanyakan komentar negatif tersebut tidak bersifat membangun, melainkan menjatuhkan, dan biasanya sering berisi unsur SARA. Kalau untuk contoh komentar negatif sepertinya gak peru gue tunjukin. Oke, sekarang gue kasih tips untuk menghadapi komentar negatif di internet, maupun di blog anda:

1. Jangan takut dan abaikan aja (cuekin)
Kalo ada komentar negatif, ya udah walaupun menusuk hati direlakan aja... cuekin/abaikan aja komentar negatifnya, biarin sampai si pelaku bosen sendiri ngomen.

2. Tanggapi
Walaupun komentar tersebut negatif, tapi kita lihat aja dari segi positif dan manfaatnya, sehingga kritik tersebut memacu kita agar bisa lebih baik. Jadi silahkan anda tanggapi, karena kita semua pasti punya kekurangan, jadi sepantasnya kalau kita berbuat kesalahan dan dengan adanya kritik tersebut kita bisa memperbaiki diri dari kesalah tersebut.

3. Jangan dihapus
Biarkan komentar tersebut berada di blog anda, untuk menjadi pacuan sekaligus kenangan, serta untuk mengingatkan kita pada kesalahan kita yang sebelumnya. Selain itu supaya kita gak dibilang pengecut juga.

4. Biarkan pengunjung blog menanggapi
Biarkan pengunjung blog anda menanggapi komentar tersebut, dari situlah banyak yang bisa dipelajari sebagai perbaikan diri kedepannya.

5. Berterima kasih
Anda gak harus mengucapkan terima kasih secara langsung kepada pengkritik tersebut, karena berkat komentar negatifnya telah ikut berkontribusi dalam pembangunan diri anda dan blog anda menjadi lebih baik kedepannya.




Artikel Lainnya:

1 comment:

  1. jangan ditanggapin yang gitu2an.......
    mereka tuch cuma iri dengan kesuksesmu
    ayo terus menulis dan yang semangat ngeblognya Oke???

    ReplyDelete