2 Cara Membasmi Virus Komputer Tanpa Antivirus


Virus adalah salah satu sumber masalah bagi komputer kita. Kerja komputer kitapun jadi lebih terhambat dan sering terjadi error. Analaginya sama seperti virus penyakit yang menyerang tubuh kita, jadinya tubuh kita jadi lambat bergerak (karena badan sakit) dan sering error (gak bia melakukan kegiatan  seperti orang sehat), hingga diciptakanlah antivirus. Kalau anda lihat di internet, ada puluhan antivirus yang bisa anda temukan. Tapi untuk menentukan mana antivirus yang terbaik itu pasti susah (baca: 10 Antivurus Terbaik disini).

Namun, untuk posting ini kita gak bakal pakai antivirus untuk ngebasmi virus. Soalnya setelah gue baca di internet, gue menemukan info kalau sekarang ada virus yang menyamar sebagai antivirus, jadi antivirus yang seharusnya melindungi komputer kita malah sebaliknya merusak komputer.

Info tambahan, salah satu antivirus yang digunakan virus sebagai samaran adalah:
1. Norman Security Suite sebagai W32/FakeAV
2. Security Essentials 2010 yang merupakan satu-kesatuan dari sebuah varian W32/Bredolab.GY
Apa anda percaya kalau membasmi virus tanpa mengunakan antivirus itu bisa dilakukan? Percaya gak percaya, tanpa antiviruspun kita sendiri bisa membasmi virus di komputer ita sendiri tanpa bantuan antivirus. Lalu, bagaimana cara menghilangkan virus tanpa antivirus? ada 2 cara, yaitu:
1. Mengunakan System Rostore di komputer
2. Menjadikan diri kita sebagai antivirus
1. System Restore adalah sistem yang berguna untuk mengembalikan keadaan sistem komputer tersebut sesuai dengan restore point sebelumnya. Dengan system restore, keadaan komputer kita bisa dikembalikan ke kondisi dimana sistem komputer kita belum terjangkit virus. Tapi ini cara ini  gak 100% membasmi semua virus. Jadi untuk melakukan system restor pada Windows:
Start >> All Programs >> Accessories >> System Tools >> System Restore
Perlu anda ketahui! Ternyata ada virus yang bisa menonaktifkan System Restore di Windows. Jika ini terjadi, yang perlu anda lakukan adalah mematikan komputer secara manual (menekan tompol power dalam beberapa detik) usahakan tidak ada program yang berjalan saat anda akan mematikan komputer secara manual, karena akan merusak beberapa file program di komputer anda. Setelah itu, anda nyalakan lagi kpmputer anda melalui setting boot Windows anda ke Safe Mode. Kemudian anda baru bisa melakukan system restore. (Mengunakan cara System Restore efektif membasmi virus UZA, brontok dan sejenisnya)


2. Manual Delete adalah cara yang bisa anda lakukan jika cara di atas gak berhasil. Maksudnya, kita sendiri yang harus mencari virus tersebut di komputer, lalu mendeletenya secara manual. Tapi sebelumnya:

1. Ketahui ciri-ciri virus di komputer anda (file program yang mencurigakan)
2. Temukan lokasi virus di komputer anda.

 Setelah anda temukan virusnya, yang hanya anda perlu lakukan adalah mendelete virus tersebut dengan Shift + Delete (supaya file virus tersebut langsung terhapus dari komputer, bukannya tersimpan di Recycle Bin).

NB: Jika komputer anda sudah terinfeksi virus cukup parah hingga komputer gak bisa digunakan lagi, atau bahkan gak bisa reboot. Satu-satunya cara yaitu menginstal ulang komputer anda!




Artikel Lainnya:

10 comments:

  1. kalau restore aku udah pernah nyoba tapi kalau virus yang udah masuk kesystem biasanya restrorenya pun dibikin mati...

    kalaucara kedua memang bagus sih tapi aku nggak berani soalnya aku nggak terlalu banyak ngerti soal enxt file jadi takut salah...

    so artikelnya keren...thnak ya

    ReplyDelete
  2. buset,,sip kawan,,ijin bookmark,,nih,,^^,,huhuyym,,,thanks dah sharing,,^^..happy blogging :)

    ReplyDelete
  3. @rizal: kalo system restorenya dimatiin ma virusnya, jalanin di safe mode..
    cara kedua memang ribet, bikin sakit mata wkwkwk

    ReplyDelete
  4. makasih banyak tipsnya sob.. perlu dicoba nih. karena terkadang ga semua antivirus mempan untuk semua virus

    ReplyDelete
  5. wah bagus nih infonya..

    saya juga pernah dgr dari teman.. katanya untuk menghindari virus masuk ke PC kita katanya autorun nya dinonaktifkan.. karena saya gak terlalu ngerti masalah PC jadi gak tahu maksudnya apa.. :D

    ReplyDelete
  6. keren sob.
    wah, jadi kalo kena virus gak usah sampe instal ulang lagi deh

    ReplyDelete
  7. jd gt yh sob, langsung deh tak praktekkan

    ReplyDelete
  8. Bagus, makasih infonya, sangat bermanfaat banget!
    langsung bisa dipraktekkin!
    memang iya, ada virus yang menyamar menjadi virus.
    Bali Villas Bali Villa

    ReplyDelete