10 Cara Supaya Blog Terkenal


Untuk tips kali ini gue akan bahas cara meningkatkan trafik blog. Terutama bagi para blogger newbie, yang blognya masih sepi dari pengunjung, bisa mengikuti beberapa tips ini supaya pengunjung blog anda bisa bertamabah. So, let's check it out:

1. Stop Dreaming, Start the Action
Hal yang paling penting kalau ingin blog anda menjadi sukses dan terkenal, anda harus berhenti bermimpi aja dan mulai melakukan langkah untuk maju. tetaplah berusaha dan jangan pernah menyerah!

2. Buatlah posting yang original, bermanfaat dan menarik
Blog yang kontennya original akan lebih cepat di index di search engine, tapi untuk pembahasan ini gue akan memberikan contoh lewat Google. Ya betul, artikel yang original lebih cepat masuk ke direktori search engine dibanding yang cuma copy paste alias copas aja. Kok bisa gitu? Karena hukum karma Google udah memiliki cara untuk mengecek website yang memiliki duplicate content. Selain itu, buatlah posting yang menarik dan bermanfaat. Jadi menarik yang gue maksud ini, posting yang membuat pengunjung penasaran buat ngebaca posting tersebut. Selain menarik, posting yang bermanfaat bagi pengunjung akan memberi nilai plus buat blog kita.

3. Buatlah tulisan yang enak dibaca
Tulisan disebuah posting akan mempengaruhi "kertetarikan" sebuah pengunjung. Buatlah tulisan diposting yang sederhana dan to the point. Anda boleh mengisi basa-basi, hanya jangan terlalu banyak, nanti pengunjung bisa bosan baca. Juga jangan membuat posting dengan bahasa SMS. Beberapa alasannya adalah:
a. tUL!54nNy4 5u54h DiB4c4
b. Tulisanx sah dmengrti
c. Orang asing gak bisa mentranslate tulisan di posting&nbsp
d. Buat orang sakit mata
Jadi buatlah gaya bahasa yang santai dengan bahasa yang baku alias bisa diterjemahkan oleh Google Translate. Jadi pengunjung blog anda gak terbatas hanya dalam negeri, tapi bisa sampai orang luar negeri. Tips dari gue yang semoga bisa meningkatkan skill tulisan anda:
- Pertama, sering-sering membaca artikel di blog lain
- Kedua, belajar dari yang udah berpengalaman, contoh yang ngasih gue inspirasi buat nulis blog: Raditya Dika , Bena Blog, Shitlicious.
-Ketiga, miliki ciri khas tersendiri saat anda menulis.

3. Update posting yang teratur
Kalau ingin blog anda dikunjungi banyak orang, blog anda harus hidup. Agar blog tetap hidup, selalu update posting di blog anda. Akibat blog anda gak pernah diupdate, pengunjung akan bosan datang, karena posting di blog anda udah "basi" dan out of date. Jadi rajinlah mengupdate blog agar blog selalu fresh dan pengunjung gak bosan datang.

4. Buatlah sebuah konsep 
Konsep ini adalah hal yang akan menentukan tipe dan ciri khas blog anda. Beberapa konsep yang biasanya diterapkan di blog: Download gratis, Tutorial, Ebook, Diary, Travel, Review, Berita, Ramalan dan masih banyak lagi. Jadi buatlah konsep buat blog anda, agar isi blog anda gak berantakan dengan hal random alias campur aduk.

5. Rajin blogwalking dan berkomentar di blog orang lain
Berkenalan dan menjalin silahturahmi dengan blogger lain merupakan bagian yang penting supaya blog kita terkenal. Bukankah punya teman banyak itu bagus? Jadi intinya seperti ini, semakin banyak teman yang kita punya, semakin banyak orang yang tahu. Semakin banyak orang tahu, kita akan semakin terkenal.

6. Submit blog anda ke search engine
Daftarkanlah blog anda ke search engine, karena setiap orang selalu mencari apa yang mereka inginkan di internet melalui search engine. Salah satu search engine yang paling sering digunakan adalah Google, jadi daftarkanlah blog anda disana (Kalau ingin tau cara mendaftarkan blog anda ke Google, silahkan baca disini).

7. Link masuk dan link keluar
Link masuk (link in) adalah link yang menuju ke blog anda (alamat blog kita, posting kita), dan link keluar (link out) adalah link yang  membawa keluar dari blog anda (alamat website lain). Sebaiknya anda lebih memperbanyak link masuk daripada link keluar di blog anda.  Bukankah kita ingin pengunjung datang ke blog kita, bukan membuatnya pergi kan?

8. Inlink post (link dalam posting)
Masukanlah sebuah link yang menuju ke posting anda yang lain, dari sebuah posting. Tapi sesuaikanlah link yang digunakan dengan keyword. Contoh yang gue maksud bisa anda lihat di langkah nomor 6.

9. Menambah anchor link
Hampir sama dengan inlink post, cuman bedanya:
Inlink post = memasukan link di sebuah posting yang menuju posting yang lain
Anchor link = memasukan alamat blog kita dalam sebuah posting
Dengan cara ini, alamat blog anda semakin mudah ditemukan dan cepat direspon dengan search engine.

10. Rajin berdoa
Rajinlah berdoa agar usaha yang udah anda lakukan bisa bermanfaat untuk blog anda.




Artikel Lainnya:

12 comments:

  1. wah sangat mudah yah.... hehehe padahal susah banget nih di praktekin-nya. ok-lah pokoknya harus ada usaha deh!!

    ngomong-ngomong, makasih udah kunjung ke blog me.
    Blog Bisnis Online

    ReplyDelete
  2. Tips yang sangat bermanfaat gung...

    ReplyDelete
  3. Tapi koq susah banget ya gung meningkatkan trafiknya...

    ReplyDelete
  4. @6061306424165906000.0
    keliatannya susah, tapi kalo udah ngerti jd biasa aja gak terlalu susah

    ReplyDelete
  5. keren banget mas informasinya...

    salam kenal....

    ReplyDelete
  6. mari kita berdoa Gung.. :)

    ReplyDelete
  7. berdo'a mulai ....

    dari yakinku teguh ... hati ikhlasku penuh ....

    ReplyDelete
  8. salam kenal semuanya,,saya masih belajar ngeblog ni,,masih banyak belajar,,main ke blog ku y,,

    ReplyDelete
  9. waah sangat bermamfaat ni ....
    patut di praktekan.

    ReplyDelete
  10. thanks ya atas infonya :)
    bermanfaat banget :D

    ReplyDelete