Apa itu Hardware dan Software?


Sebagai seorang blogger yang mengunakan laptop, pasti sering bertanya apa itu hardware? apa itu software? bedanya apa? Saya juga awalnya bingung, tapi setelah gue pelajari di buku pelajaran TIK dan baca di internet, berikut kesimpulan yang saya dapat:

- Hardware

Hardware atau perangkat keras adalah semua bagian keras yang ada di komputer. Contoh hardware yanga ada di dalam komputer adalah CPU, RAM, motherboard, hardisk, disk aray controler, kartu suara, jaringan komputer dll. Ada juga hardware yang berada di luar komputer, ini dibagi menjadi 2 yaitu bagian input dan output.
Input seperti keyboard, mouse, track ball, joystick, game pad, scanner gambar, web cam dll. Sedangkan yang output seperti printer, speaker, monitor dll. Ada juga bagian hardware yang tergolong dalem jaringan komputer yaitu modem dan kartu network. Tambahan lagi dikit aja tentang hardware komputer, ada golongan hardware komputer yang digunakan untuk menyimpan data seperti contohnya flashdisk, cd-r, cd-rw, cd-rom, dvd-r, dvd-rw, dvd,rom dll.



- Software

Software atau perangkat lunak ada sebuah program yang berada di komputer (bukan berarti perangkat komputernya yang lembek). Software ini berfungsi untuk menerjemahkan bahasa/perintah komputer yang kemudian diproses dan diteruskan ke hardware, jadi pengguna komputer bisa lebih mudah menggunakannya. Software dibedakan menjadi 3 macam yaitu program aplikasi (contohnya seperti software2 yang biasa anda download di internet), sistem aplikasi (contohnya seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Ubuntu dll) dan bahasa pemrograman (contohnya seperti program Pascal dan rakitan).

Dan demikian hasil rangkuman saya, semoga bisa menambah wawasan anda tentang komputer.




Artikel Lainnya:

1 comment: