10 Tips Menghadapi Ulangan dan Ujian


Yang namanya siswa/murid udah pasti bakal menghadapi yang namanya ulangan atau ujian. Dan tes inilah yang akan menentukan nilai dan kelulusan seorang siswa tersebut. Jadi untuk memajukan dan menciptakan generasi muda yang baik, maka gue akan ngebahas cara menghadapi ulangan/ujian. Tipsnya gue ngambil sedikit inspirasi dari teman-teman, guru, orang tua, gue sendiri dan bilang aja sedikit ngelancong ke blog orang sambil ngintip artikel mereka.

Gimana dong cara menghadapi ulangan atau ujian biar dapat nilai besar? Sekarang gue kasih tau kunci jawaban tipsnya, simak baik-baik ya:

1. Pintar mengatur waktu
Ini hal yang paling penting, mengatur waktu buat belajar sama ngatur waktu buat main. Gue pikir ini adalah tantangan terberat bagi anak-anak remaja sekarang. Apalagi sekarang teknologi udah canggih yang bikin siswa tambah malas untuk belajar dan lupa waktu.  Tapi, jangan juga kebanyakan belajar, nantinya malah stres. Jadi atur baik-baik waktu anda, kalau mau buat jadwal kegiatan.

2. Jawab soal-soal ulangan yang sudah pernah dikerjakan
Cara ini bagus juga, bisa memberikan bayangan tentang soal ulangan yang akan kita hadapi. Jika soal ulangan yang dulu anda kerjakan ada yang salah, coba cari jawaban yang benar. Anda bisa tanya sama teman anda yang pintar, orang tua atau guru. Dengan gini kita bisa tahu soal gini jawabannya gini tanpa harus banyak baca.

3. Jawab soal-soal latihan di buku 
Anda bisa beli buku yang membahas soal-soal ulangan, cari buku yang tahunnya sesuai dengan tahun ajaran sekolah anda. Dengan ini anda lebih punya banyak bayangan tentang soal yang akan keluar saat ulangan dan anda bisa memperluas pengentahuan anda.

4. Belajar
Sebenarnya kalau ulangan yang paling penting itu BELAJAR. Mungkin ada murid yang bilang "buat apa baca buku lama-lama, kalau ujung-ujungnya juga lupa". Nah triknya biar gak lupa, anda baca dulu buku pelajarannya, lalu anda rangkum intinya aja di buku catatan anda atau juga bisa dikasih stabilo. Jadi anda gak perlu baca banyak-banyak lagi. Selain itu, baca juga catatan yang dikasi sama guru anda, bisa aja soalnya keluar dari catatan tersebut.

5. Ikut bimbingan belajar
Segera ikut bimbingan belajar! karena dengan ikut bimbel kita akan dapet latihan soal, jadi kita nggak akan cepat lupa sama pelajaran yang udah kita pelajari.

6. Buat kelompok belajar
Cara ini lumayan efektif karena belajar bersama teman bisa membuat kita lebih semangat belajar sekaligus menjalin tali persahabatan atau tali percintaan. Tapi ada jeleknya juga, biasanya kalau belajar kelompok biasanya lebih banyak mainnya daripada belajarnya, sama kayak gue dong *jangan dicontoh.

7. Jaga kesehatan
Makan makanan yang sehat, tidur yang cukup, jaga stamina dll, pokoknya jaga kesehatan anda untuk menghadapi ujian, jadi kita bisa berpikir lebih jernih dan berkonsentrasi dengan baik. Jangan sampai sakit, nanti pas ngerjain soal kosentrasinya gak bagus dan nilainya bisa sakit-sakitan juga (nyakitin hati lebih tepatnya).

8. Percaya diri
Biasanya kita gak pede saat mengerjakan soal ulangan, ini sebenarnya juga mempengaruhi kosentrasi anda. Jadinya anda tidak berpikir secara maksimal dan waktu terbuang percuma. Namun, jika anda udah mempersiapkan diri sebelumnya, dijamin anda gak bakal takut buat menghadapi soal-soal di ulangan.

9. Berdoa
Jangan sampe lupa sama Tuhan ya, sebelum belajar kita berdoa supaya pelajaran yang kita pelajarin bisa kita serap dan masuk ke kepala sampai ulangan selesai. Sebelum ulangan berdoa dulu supaya kita diberi kekuatan supaya bisa mengerjakan soal dengan baik dan berdoalah agar nilai kita bagus.

10. Siapkan Alat-alat untuk Ujian
Hampir lupa sama peralatannya, kalau gak ada peralatannya gak akan bisa ngerjain ujiannya. Jadinya harus minjam sama teman, dan ini akan mengurangi waktu anda saat mngerjakan soal. Apalagi kalau peraturannya gak boleh minjem alat, ya terpaksa harus pergi ke toko atau pulang ke rumah. Ini juga membantu supaya sebelum ujian kita merasa tenang.




Artikel Lainnya:

3 comments:

  1. seandainya aq tau dari dulu, sayang sekarang aq dah g skul palagi kuliah, jadi pengacara aja "pengannguran banyak acara gt"

    ReplyDelete
  2. aku juga lagi siap" un gung....huuh bikin otak bebel ne'..

    ReplyDelete
  3. Waktu aku msh sekolah sich biasanya aku ngerangkum seluruh bab yang telah dipelajari. Aku tulis ulang dengan tangan di selembar kertas, tapi inti2nya aja. Karena dengan menulis ulang, otomatis dijamin hapal sendiri dech. Tapi jangan dilakuin pake sistem SKS (Sistem Kebut Semalam), ga bakalan nyangkut di otak. NB: Kertas rangkumannya jangan dipake bwt nyontek ya!!! :D

    ReplyDelete