The Story of My Blogging Life (part 1)


Ngomong-ngomong soal blog, sebenarnya http://agungadhyaksa.blogspot.com bukan blog pertama gue. Gue udah berkali-kali gonta ganti blog, hingga akhirnya berakhir pada blog ini. Kalau anda bertanya, gimana gue bisa kenal dengan yang namanya bogging? Jawabannya gara-gara tugas TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dari sekolah pada November, 2008. Awal gue denger kata blog itu, gue kira gue bakal belajar buat website yang canggih-canggih gitu seperti di internet. Tapi, setelah dijelaskan, blog itu sifatnya personal sedangkan website komersial. Jadi blog itu bisa juga disebut sebagai "Online Diary", hanya saja diary kita bisa dibaca orang-orang.

Awal gue mengenal blog, gue cuman tahu Blogger dan Wordpress. Tapi, gara-gara gue masih gaptek banget, jadi guru gue nyaranin buat pakai Blogger. Jadinya gue pergi ke laboratorium komputer di sekolah, dan gue pun ngedaftar di Bloger seperti yang disuruh sama guru gue dan ternyata gak susah seperti yang gue kira. Dan lahirlah blog pertama gue http://thisisminenotyours.blogspot.com. Setelah selesai ngebuat blog, gue rencananya mau ngelanjutin untuk ngepost di rumah aja, soalnya udah sore. Nah, di rumah saat gue mau log in ke akun Blogger gue,  ternyata gak bisa! Waktu itu gue gak tau kenapa, tapi kayaknya gue lupa sama passwordnya hehe, padahal baru aja buat. Jadinya terpaksa gue buat lagi blog baru dengan alamat http://gnuga-aapsoi.blogspot.com.

Selesai buat langsung aja tanpa nunda-nunda gue nulis posting tentang sekolah gue sesuai yang disuruh guru gue. Setelah selesai ngeposting tadi, akhirnya gue tinggalin blog itu dan gak pernah gue urus lagi. Soalnya waktu itu gue belum ada "feel" alias belum hobi buat ngeblogging. Hobi gue waktu itu sama seperti anak-anak remaja lainnya, yaitu main Playstation 2!

Hingga akhirnya tiba waktu dimana kita nunjukin tugas blog kita ke guru TIK. Disanalah rasa ngeblogging gue mulai muncul, gara-gara gue lihat blog teman-teman gue pada mengunakan template-template keren dan mengunakan widget-widget yang canggih. Jujur gue pun gak tahu sama sekali kalau di blog bisa ganti template dan memasang widget seperti itu, dan gue ngerasa sangat gaptek waktu itu hahaha. Lalu gue menengok lagi ke blog gue yang udah gue tinggalin seminggu itu. Dan gue sadar kalau blog gue adalah blog yang paling kampungan diantara blog teman-teman gue yang canggih.

Gue gak mau kalah sama teman-teman gue,  jadinya gue buat blog baru lagi yaitu http://gnuga-aapblog.blogspot.com. Blog ini adalah blog ke-3 gue dan di blog inilah gue mulai belajar lebih dalam tentang ngeblog. Hanya saja gue pakai blog ini cuman untuk diotak-atik aja. Gue belajar gonta-ganti template dan masang berbagai macam widget, sampai kalau ngeload halaman blog gue butuh waktu yang lama, karena terlau banyak widget terpasang disana. Seharian gue ngotak-ngatik blog itu sampai bosan... lumayan gue dapat pengalaman ngeblog yang bisa gue bilang cukup menarik.

Blog yang satu ini bertahan cukup lama dengan blog-blog yang sebelumnya. Gue terus bereksperimen dengan blog tersebut hingga tahun 209. Di tahun inilah gue udah mulai "cukup" serius untuk ngeblog. Jadinya, gue mutusin untuk meninggalkan blog "eksperimen" gue itu dan membuat blog baru lagi yaitu, http://batdpunk.blogspot.com.

Blog ini merupakan blog gue yang memiliki posting yang bisa gue bilang cukup banyak, kalau gak salah sekitar 500-an posting *apa? CUKUP banyak?
Haha gue bilang cukup banyak, soalnya di blog itu posting yang gue tulis sendiri cuman 2%, sedangkan yang lainnya 98% artikel copas (copy-paste). Jadi jumlah posting yang gue tulis sendiri cuman 10-an biji. Terus, kalau anda tanya, kenapa gue lebih banyak copas daripada nulis sendiri? Sebenarnya jawabannya ada pada nama alamat blog gue sendiri.

Nama Batd Punk itu sebenarnya gue dapat dari tas sekolah gue yang dikasi sebagai hadiah. Bukan gara-gara ulang tahun gue dapat tas, tapi gara-gara waktu itu tas sekolah gue udah robek-robek alias rusak parah sampai isi tasnya kelihatan dari luar, bahkan sampai ada yang mau keluar (memang gak bisa merawat barang sendiri). Gara-gara kasihan ngelihat gue bawa tas kayak gitu, jadinya dibeliin deh gue tas baru hahaha.

Oke, jadi dari tas itu, bagian yang gue pakai untuk nama Batd Punk adalah merknya. Merk tas tersebut adalah PUNK1347, ada yang tahu gak? Kalau gak salah, itu adalah merk distro di Bandung. Nama Batd Punk itu ditemukan di suatu hari di sekolah. Waktu itu udah waktunya pulang sekolah, tapi gue lagi di kelas lagi nunggu jemputan. Bosan rasanya kalau lama dijemput, gue sih maunya bawa motor sendiri, tapi bokap nyokap belum ngizinin, jadinya terpaksa gue diantar jemput atau gak naik sepeda. Tapi gara-gara bosan itu, gue jadi berpikir tentang merk tas itu dan gue inget sama angka di merk di tas gue 1347 dan dari angka itu ternyata mirip dengan huruf alphabet. Huruf apakah itu?
- 13 = B
- 4 = A
- 7 = T
Munculah sebuah kata, yaitu "BAT" yang artinya kelelawar kalau diterjemahkan dari Inggri ke Indonesia. Tapi kalo gue pikir nama BAT sama PUNK kalau digabungin gak cocok, dan disaat itu juga terlintas sebuah kata "BAD". Gue bayangin BAT dan BAD mempunyai pronunciation yang sama, sedangkan dalam Bhs. Indonesia disebut homofon yaitu ucapan sama, tulisan beda, arti beda. Iseng-iseng gue gabungin kedua kata tersebut, hingga jadi BATBAD. Dan itu merupakan kata yang aneh yang pernah gue buat.  Tanpa ada angin lalu, gue kepikiran sama rumus eleminasi Matematika dan beginilah jadinya:
BAT + BAD = BATD
huruf yang sama dieleminasi
Kalau gue pikir lagi (hati-hati kebanyakan mikir dapat menyebabkan kebotakan), Batd Punk memiliki arti seperti berikut (sebenarnya sih gak ada artinya, tapi gue iseng-iseng aja):
- BAT = kelelawar
- BAD = tidak baik
- PUNK = orang punk (seseorang yang tidak berpengalaman)
ditranslate dengan Google Translate
Jadi kalau digabungin artinya adalah "Kelelawar yang tidak baik dan tidak berpengalaman" alias Kelelawar Punk! Tapi, kalau gue lihat dari sisi positifnya:
- BAT = kelelawar = (-)/Negatif
(Soalnya kelelawar itu jahat, suka ngisep darah kayak drakula)
- BAD = tidak bagus = (-)/Negatif
Maka akan jadi seperti ini:
- BATD = BAT x BAD
- BATD = (-) x (-)
- BATD = (+)/Positif
- PUNK = orang yang tidak berpengalaman/orang yang ingin belajar mencari pengalaman 
Kesimpulan dari BATD PUNK adalah "orang yang suka begadang (Kelelawar) untuk belajar mencari pengalaman positif". Iya, jadi itulah gue, begadang untuk mengumpulkan artikel-artikel bermanfaat di blog gue, dan juga dapat bermanfaat untuk yang membacanya. Tapi...

 Lanjut baca ke part 2





Artikel Lainnya:

No comments:

Post a Comment